Gambaran Umum

Profil

  1. KEADAAN GEOGRAFI

Puskesmas Banguntapan III mempunyai wilayah kerja di sebagian Kecamatan Banguntapan yang membawahi satu desa yaitu Desa Banguntapan dengan luas wilayah 819,333 Ha dan mencakup 11 dusun. Kondisi geografis berupa dataran rendah dengan ketinggian 100 m dari permukaan laut dan suhu 23 – 31°C yang merupakan tanah persawahan, tegalan dan pekarangan sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan mobil atau pun motor sampai ke dusun. Batas wilayah Puskemas Banguntapan III sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Caturtunggal Sleman, sebelah Selatan dusun Karangsari Wetan Kotagede, sebelah Timur Desa Baturetno (wilayah Puseksmas Banguntapan I), dan sebelah barat berbatasan dengan desa Gedongkuning Kodya Yogyakarta..

Luas gedung puskesmas induk sebesar 262 m2 pada lahan seluas 897,75 m2, pada tahun 2009 luas bangunan bertambah 100 m2 dari dana APBD, luas pustu Ketandan sebesar 597,8 m2 dengan kondisi bangunan sedang dalam perbaikan dan diperkirakan selesai pada bulan Februari 2012 dan luas gedung pustu Karangbendo sebesar 56 m2 pada lahan seluas 196 m2 juga dengan kondisi yang kurang baik. Keterbatasan ruangan yang terdapat pada gedung puskesmas induk menyebabkan beberapa kegiatan pelayanan masih belum dapat dilakukan secara optimal.

Secara geografis Puskesmas Banguntapan III (gedung puskesmas induk dan pustu Karangbendo) mempunyai letak pada lokasi yang kurang strategis, yaitu tersembunyi di belakang rumah penduduk dengan akses jalan yang kurang memadai, sedangkan untuk lokasi Pustu Ketandan sangat strategis yang terletak pada jalur utama dan dekat dengan perempatan ringroad jalan Wonosari.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *