Sejarah

Putra Bungsu Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

PUSKESMAS BANGUNTAPAN 3

Gempa tektonik tahun 2006 yang telah memporakporandakan sebagian besar wilayah Bantul telah mencetuskan sebuah niat mulia untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan. Maka muncullah ide untuk mendirikan puskesmas ke-27 yang berlokasi di Kelurahan Banguntapan untuk melengkapi 2 puskesmas di Kecamatan Banguntapan yang telah berdiri sebelumnya.

Puskesmas Banguntapan 3 berdiri pada tanggal 10 Maret 2007 atas bantuan AMDA(Association of Medical Doctors of Asia) yang berkedudukan di Jepang. Barulah makin mantap melangkah setelah dikeluarkannya Perda No. 4 Tahun 2007 tanggal 1 Mei 2007.

Puskesmas Banguntapan 3 adalah satu-satunya puskesmas di Bantul yang wilayah kerjanya meliputi satu kelurahan dengan membawahi 2 puskesmas pembantu (Pustu) yakni Pustu Ketandan dan Pustu Karangbendo. Hal ini dikarenakan padatnya jumlah penduduk dan letaknya yang sangat strategis.

Umur muda bukan berarti harus manja. Sebagai puskesmas induk, ketenagaan Puskesmas Banguntapan 3 pada awal berdirinya hanya terdiri dari 14 orang yaitu:

# Dokter Umum     : 1 orang

# Dokter Gigi          : 1 orang

# Perawat Umum   : 1 orang

# Perawat Gigi      : 1 orang

# Bidan                  : 3 orang

# Tenaga Laborat  : 1 orang

# Tenaga Farmasi : 1 orang

# Tenaga Gizi        : 1 orang

# Tenaga Kesling  : 1 orang

# Tenaga staf        : 3 orang

Keterbatasan tenaga tersebut membuat Puskesmas Banguntapan 3 harus mempunyai tekad baja dan semangat kuda untuk menjalankan setiap program yang ada demi diakuinya eksistensi Puskesmas Banguntapan 3 tercinta.

Melihat perkembangan yang dialami Puskesmas Banguntapan 3 maka Dinkes Kab. Bantul menambah ketenagaan yang ada dari tahun ke tahun secara bertahap.

Puskesmas Banguntapan 3 bertekad untuk senantiasa meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat demi terwujudnya “Masyarakat Banguntapan Sehat dan Mandiri”.

One thought on “Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *