Pertemuan rutin Poskokesdes Desa Palbapang

Poskokesdes merupakan singkatan dari Posko Koordinasi Kesehatan Desa.Forum poskokesdes untuk mengkoordinasikan kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan di desa Palbapang dalam mendukung jalannya desa siaga. Dalam forum tersebut disampaikan informasi – informasi terkini seputar kesehatan di wilayah desa Palbapang termasuk laporan DB4MK dan penimbangan balita per dusun.

Pertemuan poskokesdes dihadiri oleh Kasie. Pelayanan (drs. Sudarja), bidan desa Palbapang (indah isnawati,a.md.keb), kader kesehatan, pkk, pokja 4, pkb dari kecamatan Bantul.

Pertemuan poskokesdes Desa Palbapang dilaksanakan setiap tanggal 25 setiap bulannya.

Posting oleh Ristianingsih,A.Md.Kep

PENYULUHAN PEMBINAAN UKS SERTA PEMERIKSAAN MATA DAN PEMBERIAN KACA MATA GRATIS SISWA SD DESA TRIRENGGO

Desa Trirenggo bekerjasama dengan Puskesmas Bantul 1 dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) melaksanakan kegiatan penyuluhan pembinaan UKS serta pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis  untuk siswa SD se- Desa Trirenggo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu siswa yang mengalami gangguan pengelihatan mata supaya dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dan akhirnya meningkatkan prestasi anak- anak tersebut.

Sebagai pembukaan acara tersebut juga ditampilkan Tari Tradisional Sekar Pudyastuti.

Kegiatan yang diketuai oleh Rr. Shinta Restu Wibawa,S.Kep, Ns  ini merupakan pertama kalinya di Desa Trirenggo. Untuk biaya operasional diambilkan dari desa dan untuk pemeriksaan dan kaca mata gratis  diambilkan dari PERDAMI. Semoga kerjasama ini dapat terus berlangsung minimal setiap tahun sekali.

Untuk media patner sendiri Puskesmas Bantul 1 dan Desa Trirenggo bekerja sama dengan Indosiar, SCTV, MNCTV, Kedaulatan Rakyat, JITV, Sorot Jogja, TVRI, Bernas Jogja, Tribun Jogja dll. dengan di publish media nasional diharapkan semakin menyemarakan kegiatan ini sehingga masyarakat semakin paham dan mengerti pentingnya kesehatan mata. Kalau bukan kita yang memulai hidup sehat lalu siapa lagi?

Kegiatan PKPR di sekolàh SMP/MTs dan SMA/ SMK di wilayah kerja UPT Puskesmas Bantul 1

Pada tahun ini, UPT Puskesmas Bantul 1 mengadakan PKPR di seluruh SMP/MTs dan SMA/SMK di wilayah kerja UPT Puskesmas Bantul 1 yang dimulai pada bulan September 2017 untuk sekolah SMP /MTs yang berjumlah 6 sekolah. Dan pada bulan Oktober 20017 dilaksanakan di 5 sekolah SMA/SMK.

PKPR merupakan pelayanan kesehatan peduli remaja. Materi yang disampaikan pada saat kegiatan PKPR meliputi Kespro dan Pernikahan Dini, Kenakalan remaja dan Napza, serta PMS dan HIV AIDS.

penyuluhan PKPR di SMA N 1 Bantul

PKPR di selenggarakan di setiap sekolah jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK. PKPR bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan remaja melalui peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kesehatan remaja.

 

Peningkatan Kapasitas SDM Puskesmas Bantul I

Pada hari ini, kamis 13 oktober 2016 dilaksanakan peningkatan Kapasitas SDM Pegawai Puskesmas Bantul I. Acara dilaksanakan mulai pukul 11.30 WIB dengan materi sosialisasi perbup no 45 tahun 2016

Sosialisasi dilaksanakan oleh ibu Endah Wahyuni SKM Mkes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

img-20161013-wa0003

 

img-20161013-wa0002

 

Sehubungan dengan ditetapkannya Puskesmas sebagai PPK BLUD maka telah terbit Perbup no 03 tahun 2016 tentang Tarif Layanan BLUD Puskesmas yang telah disempurnakan dengan Perbup no 45 tahun 2016 tentang Perubahan atas Perbup no 03 tahun 2016 yang dipergunakan sebagai acuan dalam pemungutan tarif layanan kesehatan dan layanan pendidikan di Puskesmas.

 

Penyuluhan Kesehatan di dusun Pepe Pasutan Trirenggo Bantul

Dalam rangka upaya promotif, Puskesmas Bantul I melaksanakan Penyuluhan Kesehatan di dusun Pepe Pasutan Rt 04 Trirenggo Bantul.  Penyuluhan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan bapak bapak RT 04 pada hari sabtu tanggal 9 mei 2016 di rumah Bapak RT.

Pada penyuluhan tersebut di sampaikan mengenai Diare, DBD, Leptospirosis dan PHBS RT, serta diskusi tentang yang telah disampaikan dan juga penyampaian harapan dari masyarakat mengenai pelayanan puskesmas.

IMG-20160509-WA0001 IMG-20160509-WA0005  IMG-20160509-WA0002

Dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan penyakit tersebut.

Senam Bersama Anggota prolanis

Prolanis yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit konis mencapai kualitas hidup opimal.

Prolanis meliputi berbagai hal, antara lain konsultasi medis, edukasi, reminder melalui sms gateway serta home visit, juga senam prolanis.

Puskesmas Bantul I juga melaksanakan Senam untuk anggota Prolanis yang sudah trdaftar. Senam prolanis ini dilaksanakan sebulan sekali.

 

Senam bersama anggota prolanis

Senam bersama anggota prolanis

IMG-20160602-WA0012 IMG-20160602-WA0010 IMG-20160602-WA0011

Bagi penderita HT dan DM peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Puskesmas Bantul I yang belum bergabung dengan Prolanis Puskesmas Bantul I, silahkan bergabung dengan kami. Terimakasih……..

Seminar Pengaruh Teraphi Musik terhadap simulasi otak untuk mencetak bayi genius dan Launching Ruang Teraphi Musik

IMG-20160222-WA0001

 

Terapi musik untuk janin dalam kandungan dapat merangsang otak janin untuk berkembang makskmal. Puskesmas Bantul I berinovasi mengadakan seminar pengaruh terapi musik terhadap simulasi otak untuk mencetak bayi genius dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, drg. Maya Sintowati P,MM dan dr. Imam Marzuqi,Sp.Ked.Fis.Reh.Seminar ini gratis untuk 75 orang ibu hamil di wilayah Puskesmas Bantul I. Seminar ini telah dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2016 bertempat di aula Puskesmas Bantul I.

IMG-20160224-WA0009

IMG-20160224-WA0020

IMG-20160224-WA0022

Setelah selesai seminar dilanjutkan peresmian ruang terapi musik dk Puskesmas Bantul I oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Bantul, bapak dr. T.Bintarta Heru SantosaM.Kes

IMG-20160224-WA0015

Ruang teraphi musik dibuka setiap hari untuk ibu hamil, tanpa dipungut biaya.

Workshop penjaringan TBC di wilayah Puskesmas Bantul I

Penemuan TBC merupakan salah satu kegiatan dalam program unggulan Kabupaten Bantul yaitu prgram DB4MK plus. DB4MK merupakan Desa Bebas Masalah Kesehatan (kematian ibu, kematian bayi, gizi buruk, DBD) plus penemuan TBC.

IMG-20160222-WA0005

Dalam rangka peningkatan penemuan TBC maka diadakan penjaringan TB di wilayah Puskesamas Bantul I. Sebelum dilaksanakan penjaringan TB di dusun – dusun maka diadakan Worshop TB pada kader kesehatan di aula Puskesmas Bantul I pada hari rabu, 18 Februari 2016 mulai pukul 08.30 WIB.

Acara di mulai dengan berdoa  dilanjutkan materi tentang TBC oleh dr. Susamtoro. Kemudian dilanjutkan pemaparan rencana penyuluhan dan penjaringan TBC di 6 dusun wilayah Puskesmas Bantul I untuk meningkatkan penemuan TBC di wilayah Puskesmas Bantul I. Adanya anggapan batuk merupakan penyakit yang tidak berbahaya sehingga untuk pengobatannya terkadang dengan obat tradisional. Batuk lebih dari 2 minggu perlu periksa sputum BTA, sehingga bisa diketahui adanya bakteri mycro bacterium tuberculosis.

Acara ditutup dengan berdoa.

Pembinaan dokter kecil di wilayah Puskesmas Bantul I

IMG-20160218-WA0004Dalam rangka mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah dan meningkatkan penetahuan serta ketrampilan dokter kecil sebagai kader kesehatan di lingkungan sekolahnya, maka diadakan pembinaan dokter kecil.

Acara pembinaan dokter kecil dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 17 Februari 2016 bertempat di Aula Puskesmas Bantul I mulai jam 09.00 WIB sampai selesai.

Acara diikuti 28 dokter kecil yang merupakan dokter kecil di masing-masing sekolahnya. Masing-masing SD mengirimkan 2 orang dokter kecil.

Acara di mulai dengan berdoa diteruskan sambutan Kepala Puskesmas Bantul I, ibu Haryati,S.SiT. Beliau mengemukakan terimakasih atas keikutsertaan dokter kecil pada acara pembinaan dokter kecil, beliau berharap dokter kecil dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan di sekolahnya masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi  :

1. Pencegahan dan pengobatan penyakit menular

2. Kesehatan lingkungan

3. Gizi pada anak sekolah

4. Kesehatan reproduksi

5. PHBS

6. NAPZA dan bahaya merokok

7. Pertolongan pertama pada kecelakaan

8. Kesehatan gigi dan mulut

Acara diakhiri dengan berdoa.

 

 

 

Sosialisasi Prolanis Puskesmas Bantul I

Sosialisasi prolanis di Aula Puskesmas Bantul I

Sosialisasi prolanis di Aula Puskesmas Bantul I

Prolanis merupakan kepanjangan dari program pengelolaan penyakit kronis. Sedangkan definisi prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Sedangkan tujuan prolanis adalah mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Sasaran dari prolanis inj adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Mellitus tipe 2 dan Hipertensi)

Benyuk pelaksanaan prolanis meliputi :

1. Aktifitas konsultasi medis/edukasi

2. Home Visit

3. Reminder

4. Aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan

Pada hari sabtu, 13 Februari 2016 mulai pukul 08.30 WIB bertempat di aula Puskesmas Bantul I dilakukan Sosialisasi Prolanis pada peserta BPJS penderita Diabetes Melitus tipe 2 dan Hipertensi di wilayah Puskesmas Bantul I. Pada acara tersebut disampaikan mengenai Prolanis oleh Yanuar Rinawati,A.Md.Keb. Kemudian dilanjutkan dengan materi Penyakit Kronis oleh dr. Alfitri Yuni Astuti Achmad. Serta tanya jawab

Para peserta yang mengkuti kegiatan Sosialisasi Prolanis tersebut setuju membentuk klub Prolanis dan bersedia menjadi anggota Prolanis dengan mengisi formulir kepesertaan anggota Prolanis.

Acara ditutup dengan berdoa.