Sosialisasi Prolanis Puskesmas Bantul I

Sosialisasi prolanis di Aula Puskesmas Bantul I

Sosialisasi prolanis di Aula Puskesmas Bantul I

Prolanis merupakan kepanjangan dari program pengelolaan penyakit kronis. Sedangkan definisi prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Sedangkan tujuan prolanis adalah mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Sasaran dari prolanis inj adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Mellitus tipe 2 dan Hipertensi)

Benyuk pelaksanaan prolanis meliputi :

1. Aktifitas konsultasi medis/edukasi

2. Home Visit

3. Reminder

4. Aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan

Pada hari sabtu, 13 Februari 2016 mulai pukul 08.30 WIB bertempat di aula Puskesmas Bantul I dilakukan Sosialisasi Prolanis pada peserta BPJS penderita Diabetes Melitus tipe 2 dan Hipertensi di wilayah Puskesmas Bantul I. Pada acara tersebut disampaikan mengenai Prolanis oleh Yanuar Rinawati,A.Md.Keb. Kemudian dilanjutkan dengan materi Penyakit Kronis oleh dr. Alfitri Yuni Astuti Achmad. Serta tanya jawab

Para peserta yang mengkuti kegiatan Sosialisasi Prolanis tersebut setuju membentuk klub Prolanis dan bersedia menjadi anggota Prolanis dengan mengisi formulir kepesertaan anggota Prolanis.

Acara ditutup dengan berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *