GEBYAR SEMANGAT RT 06 DUSUN KURAHAN BANTUL DEKLARASIKAN KASEBAR (KAWASAN SEHAT BEBAS ASAP ROKOK)

Pada hari Rabu, 06 Desember 2017 RT 06 Dusun Kurahan Bantul resmi mendeklarasikan KASEBAR (Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok) dengan penuh semangat dan komitmen bersama. Deklarasi ini merupakan progam inovasi yang diusung Puskesmas Bantul II yakni RT KASEBAR dengan kerjasama lintas sektor terkait Desa Bantul. Pembentukan RT KASEBAR sebagai RT percontohan ini merupakan penerapan Peraturan Bupati Bantul nomor 18 tahun 2016 tentang Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok.

Acara deklarasi RT KASEBAR didahului dengan sosialisasi oleh Kepala Puskesmas Bantul II Ibu Sri Rejeki Arum Wahyuni, SKM.,MM. mengenai latar belakang mengapa RT 06 dipilih menjadi RT KASEBAR dan sosialisasi Bahaya Asap Rokok oleh Ibu Titi Wijayaningsih,AMK,S.Pd. Berdasarkan hasil pendataan PHBS di wilayah Puskesmas Bantul II pada tahun 2017, Dusun Kurahan memiliki nilai PHBS tertinggi yaitu 84,06% masyarakat yang ber-PHBS. Sedangkan angka indikator PHBS tidak merokok di dalam rumah 85,99%. Bapak H. Susilo Marwoto selaku Ketua RT 06 mengungkapkan bahwa dari 33 Kepala Keluarga (KK) terdapat hanya sekitar 5 orang KK yang merokok. Hal tersebut berarti dukungan dari masyarakat sudah cukup tinggi untuk berkomitmen menjadikan RT KASEBAR.

Dalam Peratuan Bupati Bantul Nomor 18 tahun 2016 tentang Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok terdapat 9 kawasan sehat yang diharapkan bebas asap rokok meliputi rumah, fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, arena kegiatan anak-anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum, dan tempat pertemuan. Selanjutnya, komitmen dari RT 06 Kurahan menekankan untuk:
1. Tidak merokok di dalam rumah.
2. Tidak merokok atau menyediakan rokok dalam acara atau forum-forum kegiatan kemasyarakatan di tingkat RT.
3. Tidak merokok di tempat-tempat umum terutama di ruang pertemuan, fasilitas kesehatan, tempat pendidikan dan tempat kerja.
4. Bersedia saling mengingatkan apabila ada masyarakat yang sekiranya belum patuh terhadap deklarasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok ini.

Acara yang berlangsung pada pukul 19.30 sampai 22.00 WIB tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Desa Bantul, Babhinkamtibmas Desa Bantul, Babhinsa Bantul, Dukuh Kurahan, Bapak-Bapak Ketua RT Dusun Kurahan, Tokoh Masyarakat, kader PHBS, karang taruna dan masyarakat RT 06 Dusun Kurahan. Pada dasarnya peraturan tersebut tidak untuk melarang tetapi menempatkan perokok agar asapnya tidak mengenai perokok pasif sehingga masyarakat dapat ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta mendukung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *