Senin, 14 Mei 2018 telah dilaksanakan Sosialisasi dan Deklarasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok (KASEBAR) di Sutran RT 05 Sabdodadi Bantul. Kegiatan yang digelar di Balai Dusun Sutran tersebut turut hadir Kepala Desa Sabdodadi, Ibu Siti Fatimah. Beliau berharap sosialisasi dan deklarasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan derajat hidup kesehatan masyarakat. Acara tersebut diawali dengan sosialisasi fakta tentang rokok dan mengembangkan layanan berhenti merokok yang dibawakan oleh Kepala Puskesmas Bantul II, Ibu Sri Rejeki Arum Wahyuni,S.KM.,M.M sekaligus menyambut antusias dan apresiasi yang sangat bagus karena atas dasar keinginan warga Sutran RT 05 mengajukan diri agar wilayahnya diberikan sosialisasi tentang fakta rokok beserta komitmen untuk mendeklarasikan KASEBAR.
Materi dilanjutkan tentang KASEBAR oleh Yunita Dewi,S.Kep. Promkes Puskesmas Bantul II bahwa terdapat 9 tempat yang termasuk dalam Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok sesuai dengan Peraturan Bupati Bantul no. 18 tahun 2016 yakni di rumah, fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, arena kegiatan anak-anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum, dan tempat pertemuan.
Sebelum deklarasi berlangsung, dibentuk susunan personalia untuk tim KASEBAR Sutran RT 05 yang bertugas melaksanakan pengawasan internal, melarang setiap orang agar tidak merokok di Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok, menyingkirkan asbak/sejenisnya, serta pemberdayaan masyarakat untuk memasang tanda “Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok” di pintu masuk utama atau di tempat lain yang mudah terbaca pada pengusulan rencana kegiatan dusun selanjutnya.
Deklarasi berlangsung semarak dipimpin Ketua RT 05 Sutran Bp. RusmijanS.Pd.SD. diikuti penandatanganan komitmen bersama oleh Ketua RT, Kepala Dusun Kadibeso, Kepala Desa Sabdodadi, Kepala Puskesmas Bantul II dan warga masyarakat Sutran RT 05.