Berbagai cara dilakukan untuk dapat meningkatkan kunjungan pasien di Puskesmas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melakukan jemput bola pasien dengan mendatangi langsung pasien yang ada di dusun-dusun terpencil. Salah satunya adalah di Dusun Kediwung Kelurahan Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul DIY.

pemeriksaan kesehatanBertepatan dengan kegiatan Posyandu Lansia dan Balita, Hari Rabu (5/3/2014) juga dilakukan pemeriksaan kepada pasien mengeluh mengalami gangguan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh Petugas Pembina Dusun (Gasbinsun) dari Puskesmas Dlingo I yang pada hari itu bertugas di Dusun Kediwung.  Adapun Gasbinsun yang bertugas pada hari itu adalah Bidan Sumarni dan Budi Santoso sebagai perawat. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya untuk setiap Dusun.
“Nopo Mbah sing diraosaken?” Tanya Budi Santoso ketika mencoba mengetahui kondisi kesehatan pasien yang diperiksanya.
“Niki obat e diunjuk sedinten ping 2kaleh setunggal-setunggal mbah nggih.” Terang Bidan Sumarni saat memberikan konseling obat kepada seorang pasien di Kediwung.
Pada kegiatan pemeriksaan kesehatan itu terdapat 7 orang pasien pemegang kartu kit obat posyandujamkesmas yang berobat dan 2 pasien umum. Untuk peserta Jamkesmas tidak ditarik biaya retribusi apapun sedangkan untuk pasien umum dikenakan retribusi Rp.5.500,-. Meski demikian masih ada kendala yang dihadapi petugas di lapangan dimana salah satunya adalah kondisi kit obat yang kurang layang dan kurang memperhatikan kualitas obat yang dibawa. (iaf)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *