pemberian vitamin aBeberapa balita tampak menangis ketika dipanggil oleh kader posyandu untuk dilakukan penimbangan balitapenimbangan badan. Beberapa balita lainnya tampak asik bermain sambil menunggu antrian. Sedangkan balita yang sudah di timbang dapat menikmati bubur kacang hijau sebagai tambahan asupan gizi bagi balita. Itulah gambaran sekilas kegiatan posyandu di Pedukuhan Kediwung Kelurahan Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul DIY pada hari Rabu (5/3/2014).

menikmati bubur kacang hijau
Kegiatan yang dihadiri oleh Petugas Pembina Dusun (Gasbinsun) dari Puskesmas Dlingo I ini dipimpin oleh Ibu Sudarmi selaku Koordinator Kader Posyandu sekaligus Ibu Kadus Kediwung. Kegiatan posyandu balita ini tampak berjalan baik dan tidak mengalami kendala apapun. Dari sekitar 30 balita yang terdaftar, berat badan balita yang ditimbang tidak mengalami penyimpangan dengan umur balita.

menunjukan hasil kegiatan posyandu“Tidak ada balita yang berada di bawah garis merah sehingga di posyandu Kediwung ini aman tidak ada kendala berarti.” Ungkap Budi Santoso setalah mengkonfirmasi kondisi posyandu kepada kader posyandu.

memberikan vitamin aSelain dilakukan penimbangan, juga dibagikan tambahan makan untuk peningkatan gizi balita. Dimana untuk bulan Maret ini PMT yang diberikan berupa bubur kacang hijau yang bias diambil oleh balita setelah penimbangan. Selain itu juga dibagikan pula vitamin A untuk balita. Meskipun bulan vitamin A sudah lewat yaitu bulan Februari namun di Kediwung baru bias di bagikan Bulan Maret ini. Hal ini dikarenakan pembagian vitamin dari Puskesmas suda melebihi tanggal kegiatan Posyandu yaitu setiap tanggal 5 setiap bulannya.

ibu sudarmi“Vitamin A baru bisa dibagikan bulan ini karena pembagian dari Puskesmas terlambat lebih dari tanggal 5 Februari kemarin.” Terang Ibu Sudarmi.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *