Kondisi Geografis

Puskesmas Dlingo I terletak di Dukuh Koripan I, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, dengan luas wilayah kerja 26,35 Km2. Wilayah kerja terdiri dari 3 Desa yang terbagi atas 28 Dusun, dengan batas wilayah kerja :
1. Sebelah Utara : Desa Jatimulyo, wilayah binaan Puskesmas Dlingo II
2. Sebelah Timur : Sungai Oya, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Gunungkidul
3. Sebelah Selatan : Sungai Oya, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Gunungkidul
4. Sebelah Barat : Hutan sebagai batasan wilayah binaan Puskesmas Imogiri I
Lahan fungsional yang berada dil ingkungan wilayah kerja Puskesmas Dlingo I terdiri atas sawah, pekarangan dan tegal. Kondisi iklim di wilayah kerja adalah termasuk iklim tropis, dengan bentang lahan yang semuanya terdiri atas perbukitan, suhu rata-rata 220 C – 320C dengan curah hujan rata-rata pertahun 1.000 – 4.000 mm. Kecamatan Dlingo merupakan kecamatan yang paling jauh dengan jarak 30 Km dari Ibukota Kabupaten, yang wilyahnya merupakan perbukitan dan berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul.

Kondisi Demografis

Di wilayah kerja Puskesmas Dlingo I yang terdiri dari 3 desa dihuni penduduk sebesar 19.219 jiwa. Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin, perempuan lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan laki-laki, yaitu laki-laki sejumlah 9.429 jiwa sedangkan perempuan sejumlah 9.790 jiwa.


Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin di wilayah kerja puskesmas Dlingo 1 Kabupaten Bantul ( sumber : Profil Puskesmas Dlingo 1 tahun 2012)
Kepadatan penduduk berdasarkan data dan gambar peta yang didapatkan dari ketiga desa adalah 578/Km2 sampai dengan 1072/Km2, dengan kepadatan terendah terdapat di Desa Mangunan dan kepadatan tertinggi berada di Desa Temuwuh.
Kondisi Sosial Ekonomi
Mata pencaharian utama penduduk di wilayah kerja adalah petani. Hal ini didukung dengan masih adanya lahan persawahan yang dimiliki oleh penduduk, dan disusul dengan buruh. Di tempat ketiga adalah pengusaha kecil, dimana sebagian besar adalah pengusaha di bidang mebel.


Komposisi penduduk berdasarkan pekerjaan di wilayah kerja puskesmas Dlingo 1 Kabupaten Bantul ( sumber : Profil Puskesmas Dlingo 1 tahun 2012)

Peta