Bersiap Siagalah !!

Tahukah anda ? Apa yang harus kita lakukan ketika terjadi kejadian gawat darurat? Siapkah kita menghadapi peristiwa tidak terduga, namun membutuhkan tangan-tangan sigap menanganinya? Jawabnya tentu beragam, akan tetapi pertanyaan itu membangun kesadaran kita akan pentingnya menyiapkan diri menghadapi keadaan tidak biasa terutama keadaan Gawat Darurat untuk menyelamatkan jiwa atau mencegah keadaan yang lebih buruk. 

Petugas kesehatan telah dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan kegawat daruratan. Dalam kegiatan sehari-haripun senantiasa menghadapi situasi yang menuntut waspada dan siaga gawat darurat. Namun demikian untuk mengasah serta menjaga kompetensi yang memenuhi standart, perlu dilakukan refreshing berupa pelatihan untuk menjaga ketrampilan dan peningkatan pengetahuan terkini.

Pada hari Rabu, 12 April 2017 sejak siang hingga sore hari segenap keluarga besar Puskesmas Dlingo II, berlokasi di Aula dan luar gedung Puskesmas melakukan simulasi dan pelatihan PPGD Pertolongan Pertama Gawat Darurat dengan di pandu oleh Tim dari PMI Kabupaten Bantul.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan Gawat Darurat diperkenalkan “KR-CAB” yaitu :

Keamanan, mengamankan penolong dan korban dari situasi dan kondisi yang berbahaya.

Respon, memeriksa korban dengan suara berupa panggilan, sentuhan dengan tepukan lembut hingga cubitan dan memeriksa anggota gerak atas.

Circulation, Memeriksa denyut nadi carotis pada leher dengan 3 jari tengah

Airway, buka jalan nafas dengan menekan dahi dan mengangkat dagu

Breathing, cek nafas dengan LDR Lihat Dengar Rasakan.

Semoga Bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *