Bersiap Siagalah !! Bagian II

Rangkaian Pelatihan PPGD di Puskesmas Dlingo II memasuki tahap berikutnya.

Pada hari Kamis 20 April 2017 bertempat di dalam gedung dan luar gedung dilaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan kewaspadaan dini terhadap keadaan Gawat Darurat Kebakaran dan Gempa Bumi.

Kegiatan berlangsung melibatkan seluruh Karyawan dengan fasilitator tim BPBD Kabupaten bantul yang menurunkan Unit Satgas Pusdalops (Satuan Tugas Pusat Pengendalian Operasi) dan Satgas Damkar (Satuan Tugas Pemadam Kebakaran). Acara berlangsung dua hari, pada hari pertama diawali dengan pembekalan pengetahuan penangan bencana kebakaran dan gempa bumi. Narasumber menyampaikan  berbagai hal mengenai teori terjadinya api serta cara-cara penanganan api berdasarkan jenis dan penyebabnya. Testimoni penangan kejadian kebakaran dari pelaku langsung dilapangan banyak menambah wawasan petugas Puskesmas Dlingo II.

Pada hari ke dua pelatihan dilaksanakan simulasi kejadian gawat darurat gempa bumi dan kebakaran. Satu persatu karyawan memainkan peran sesuai skenario simulasi kejadian bencana gempa yang diikuti kebakaran. Semua karyawan semakin memahami apa yang disampaikan oleh narasumber setelah mengikuti simulasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *