Gambaran Umum

Kecamatan Dlingo merupakan wilayah paling timur di Kabupaten Bantul. Wilayah Kecamatan Dlingo berupa perbukitan dengan ketinggian ± 450 m di atas permukaan laut, di atas gugusan pegunungan kapur sebelah selatan pulau Jawa. Memiliki 2 Puskesmas Rawat Inap dan Rawat Jalan.

Puskesmas Dlingo II adalah Puskesmas rawat jalan yang ada di Wilayah Kecamatan Dlingo.

Puskesmas Dlingo II berada di tepi jalan yang menghubungkan Pusat Kecamatan Dlingo dengan Jalan Raya Jogja-Wonosari, tepatnya di dusun Pencitrejo RT 01 Desa Terong.

Puskesmas Dlingo II memiliki luas wilayah ± 29,51 km2 yang terdiri dari 3 desa yaitu : Desa Terong di sebelah utara memiliki                           : 9 dusun                                           Desa Muntuk disebelah barat daya memiliki                 : 11 dusun                                       Desa Jatimulyo di sebelah tenggara memiliki               : 10 dusun                                     Total dusun di wilayah kerja Puskesmas Dlingo II          : 30 Dusun dan 169 RT.

Pada Semester II Tahun 2016 memiliki 7.216 KK dengan rincian

Puskesmas Dlingo II terdiri dari 1 Puskesmas Induk yang berada di Desa Terong, 4 Puskesmas Pembantu (Pustu Dangwesi di desa Terong, Pustu Muntuk di desa Muntuk, Pustu Seropan di desa Muntuk, Pustu Jatimulyo di desa Jatimulyo)-namun pada tahun 2013 dengan berbagai pertimbangan Pustu Dangwesi ditutup dan di fungsikan sebagai sarana publik lainnya- dan 3 Balai Pengobatan (BP Dodogan di dusun Dodogan desa Jatimulyo menempati Poskokesdes Jatimulyo, BP Muntuk yang menempati rumah Ka Dusun setempat dan BP Ngliseng di dusun Ngliseng yang menempati rumah warga setempat.).

Luas gedung  untuk puskesmas induk sebesar 380 m2 pada lahan seluas 3375 m2, gedung pustu Dangwesi  sebesar 70 m2 pada lahan seluas 240 m2, gedung pustu Muntuk  sebesar 84 m2 pada lahan seluas 300 m2, gedung pustu Jatimulyo  sebesar 72 m2 pada lahan seluas 300 m2, gedung pustu Seropan  sebesar 54 m2 pada lahan seluas 400 m2.

Geografis wilayah Puskesmas Dlingo II adalah pegunungan sehingga rawan dengan bencana tanah longsor. Jarak jangkauan ke pusat pelayanan kesehatan rujukan di Kabupaten ±23 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *