PUSKESMAS IMOGIRI 1

Ngancar,Karangtalun,Imogiri,Bantul,DIY

55782,Telp 0274-6994013

      Wilayah kerja meliputi 4 Desa yaitu Wukirsari, Imogiri, Karangtalun,Girirejo dengan luas 20,67 km2. Jumlah Penduduk 26.857 terdiri dari laki –laki 13362 jiwa ,perempuan 13495 jiwa. Jumlah dusun yang ada di wilayah adalah 30 dusun,194 rumah tangga.

Jenis dan Jadwal Pelayanan

• Poli Umum : Setiap Hari

• Poli Ibu dan Anak

 Anak : Setiap Hari

 Ibu Hamil : Senin, Kamis, Sabtu

 KB : Selasa,Jumat

 Imunisasi : Rabu

 Calon Pengantin : Setiap Hari

• Poli Gigi : Setiap Hari

• Laboratorium & HIV : Setiap Hari

• IMS : Setiap Hari

• Poli Mata : Selasa

• Poli Spesialis Anak : Sabtu

• Farmasi : Setiap Hari

• Pemeriksaan Calon Haji : Jika diperlukan

• Sanitasi : Setiap Hari

• Gizi : Setiap Hari

• Konseling : Setiap Hari

• UGD & Rawat Inap : 24 jam, Setiap Hari

• Persalinan : 24 jam, Setiap hari

Pendaftaran dibuka pukul 07.30 WIB

Pegawai Puskesmas Imogiri 1 berjumlah 46 orang terdiri dari :

 

 1 Kepala Puskesmas

 1 KaSubag TU

 7 Staff

 2 Dokter

 1 Dokter Gigi

 1 Apoteker

 7 Perawat

 3 Perawat Gigi

 12 Bidan

 2 Analisis Laboratorium

 1 Sanitarian

 2 Petugas Gizi

 1 Rekam Medis

 1 Jaga Kantor

 3 Pekarya Kesehatan

 

 

       Puskesmas Imogiri 1 merupakan puskesmas yang terakreditasi oleh Badan Mutu DIY dengan sertifikat lulus akreditasi dengan melewati serangkaian proses penilaian yang dilakukan Badan Mutu DIY. Puskesmas Imogiri 1 juga merupakan puskesmas yang ditetapkan oleh KaDinKes sebagai puskesmas mampu PONED, yaitu puskesmas yang mampu menangani emergency pada ibu hamil dan melahirkan serta bayi baru lahir.

       Saat ini puskesmas mengembangkan diri sebagai puskesmas peduli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), dimana kami terus berusaha memperhatikan keselamatan kerja , termasuk dengan mengadakan senam bersama, penggunaaan APD (Alat Pelindung Diri), dipasangnya rambu-rambu berkaitan dengan kewaspadaan. Kesehatan juga merupakan perhatian untuk menunjang PHBS dan keselamatan kerja agar kondisi kesehatan baik fisik maupun non fisik terjaga dengan baik, sehingga bisa melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Imogiri.

      Untuk meningkatkan kecepatan pelayanan kami selalu berusaha memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah penggunaan AHA (Automatic Hematology Analyser) pada pemeriksaan Laboratorium untuk pemeriksaan darah rutin yang dengan system manual ± 30 menit tetapi dengan alat tersebut bisa ± 5 menit.

      Untuk Pendaftaran di Puskesmas Imogiri 1 dalam tahap akhir persiapan menuju system computer, sehingga pasien tidak perlu untuk mengisi blangko pendaftaran. Untuk pasien lama cukup menunjukkan kartu pendaftaran.

      Untuk pemeriksaan Ibu Hamil di Puskesmas Imogiri 1 juga sudah tersedia fasilitas USG Yang digunakan dalam pemeriksaan kehamilan.

      Setiap hari kami berusaha untuk selalu memperbaiki diri baik fisik dan non fisik, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien dan pengunjung. Untuk layanan publik yang bisa kami sediakan adalah :

1. Lingkungan yang bersih dan rapi .

Kami harapkan bias menambah kenyamanan pengunjung. Puskesmas Imogiri 1 juga merupakan kawasan dilarang merokok.

2. Ruang tunggu yang memadai dan tidak sempit serta ventilasi cukup.

Kami mulai bulan Juni ini sudah kami pisahkan ruang tunggu pendaftaran dan ruang tunggu poli, obat dan laboratorium.

3. Tempat parkir bagi pengunjung dan pegawai

Tempat parkir yang cukup untuk mobil ada di halaman depan

4. Kamar mandi yang bersih dan air yang cukup

5. Alat audio visual

Misalnya : televisi, sound system yang memperlancar pelayanan,

6. Air Minum

Air minum yang kami sediakan setiap hari untuk sekedar mengurangi rasa haus saat menunggu.

7. Ruang Menyusui

Kami menyediakan ruang menyusui untuk mensukseskan peraturan asi eksklusif untuk bayi < 6 bulan seperti diamanatkan PerDa Nomor 7 Tahun 2011 tentang ASI, dan PerBup Bantul Nomor 82 Tahun 2012 tentang adanya ruang menyusui di klinik umum.

8. Cuci tangan pengganti sabun untuk menjaga agar pengunjung bisa tetap menjaga kebersihan, maka kami menyediakana alat cuci tangan dengan pengganti sabun, disertai petunjuk penggunaan. Alat ini bisa dijumpai di luar puskesmas.

9. Perpustakaan Mini

Untuk meningkatkan wawasan pengunjung kami menyediakan majalah dan Koran.

10. Listrik dengan kapasitas cukup

Mulai tahun 2014, Kami memasang meteran lagi untuk lantai atas sehingga tidak terjadi listrik turun yang mengganggu pelayanan pasien.

11. Tempat Sampah

Tempat sampah disediakan 3 tabung menjadi tempat sampah untuk kertas, plastik, botol, kaca ,logam dan kaleng

12. Arena Bermain dan Alat pemeriksaan Di klinik anak

Kami menyediakan mainan sederhana yang bisa digunakan untuk bermain saat pemeriksaan di poli anak.

13. Informasi yang mempermudah dan memperlancar pasien yang sedang berkunjung, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, meliputi ; denah, alur, jadwal, tarif, poster-poster, Leaflet, Kalender, Buku Saku.

14. Mushola

Mushola yang ada di sebelah parkir kami persilahkan untuk siapa saja yang sholat.

15. Fasilitas sms center,telepon,email,kotak saran atau langsung, jika ada pengaduan saran dan kritikan.

16. Penyaringan Air

Untuk ketersediaan air bersih, kami mempunyai 2 sumber air dan untuk menjaga kualitas kami mempergunakan penyaringan air.

      Kami bertekad untuk selalu bisa “ melayani dengan hati” sesuai motto kami, agar kami bisa memberikan manfaat dan kenyamanan yang sebaik-baiknya bagi pasien dan pengunjung Puskesmas Imogiri 1 pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

     Kondisi Puskesmas Imogiri 1 baik luar gedung maupun dalam gedung, kami usahakan rapi dan bersih agar menambah kenyamanan pengunjung, ditanamnya pohon-pohon perindang diantaranya adalah sawo kecik yang merupakan pohon yang merupakan ciri khas Yogyakarta, semoga beberapa waktu yang akan datang kerindangannya bisa segera dinikmati.

Demikianlah sekilas tentang Puskesmas Imogiri 1, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

 

 

Categories: Uncategorized