Pada hari Minggu, Tanggal 2 April 2017 Puskesmas Imogiri 1 mendapat kunjungan dari  Yayasan ANYO Ïndonesia . Kunjungan Yayasan ANYO Indonesia ke Puskesmas Imogiri 1 bertujuan memberikan hibah alat opthalmoscope dalam rangka  ”Gerakan 1000 Ophthalmoscope“. Yayasan Anyo Indonesia yang diketuai oleh Pinta Manullang ini merupakan yayasan untuk anak-anak kanker Indonesia. Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh ibu Bupati Erna Kusumawati yang juga merupakan Ketua PKK Kabupataen Bantul serta Bapak Camat Imogiri  beserta istri dan para kader puskesmas Imogiri 1 serta perwakilan karyawan Puskesmas Imogiri 1.

Dalam kesempatan itu yayasan ANYO Indonesia memberikan buku serta materi tentang deteksi  kanker anak sejak dini dan  penggunaan alat opthalmoscope. Alat Opthalmoscope merupan alat yang digunakan untuk mendeteksi retinoblastoma.  Kendala deteksi dini retinoblastoma, yaitu tidak tersedianya alat Ophthalmoscope di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan. Untuk menggalakkan deteksi dini kanker mata, Yayasan Anyo Indonesia kemudian membuat “Gerakan 1000 Ophthalmoscope”.

Ketua Yayasan Anyo Indonesia Pinta Manullang mengatakan, alat ini sangat penting untuk skrining awal kanker bola mata, jika ditemukan stadium awal, pengobatan pun akan lebih mudah dan tidak berbiaya tinggi. Misalnya, tidak diperlukan kemoterapi.

Categories: Uncategorized