PENILAIAN NAKES TELADAN PETUGAS ATLM PUSKESMAS IMOGIRI1 BANTUL

Kegiartan penilaian Tenaga Kesehatan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul pada setiap tahunnya.Pada tahun 2017 ini, Puskesmas Imogiri 1 mendapat kepercayaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul untuk mengikuti penilaian Nakes teladan untuk kategori ATLM ( Ahli Teknologi Laboratorium Medik). Petugas ATLM dari Puskesmas Imogiri 1 yang mengikuti kehiatan ini adalah Linggarsih, AMd.AK. Beliau adalah salah satu laboran yang dimiliki oleh Puskesmas Imogiri 1.

Pada penilaian Tenaga kesehatan teladan ini Ibu Linggarsih AMd.AK membuat inovasi yang diberikan judul “Cegah PTM, ATLM gandeng Karang Taruna”. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Tilaman, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri.

Rangkaian kegiatan penilaian tenaga kesehatan teladan ini dimulai pada tanggal 11 April 2017 yaitu dilakukan uji tertulis yang dilanjutkan dengan presentasi Karya Tulis Ilmiah. Kunjungan lapangan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2017. Setelah diterima di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, selanjutnya Tim Penilai menuju Puskesmas Imogiri 1 untuk memverifikasikan data kepegawaian, data hasil kinerja laboratorium, dan data perencanaan anggaran untuk kegiatan inovasi.

Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke dusun Tilaman untuk melihat kegiatan Posbindu yang dilaksanakan oleh KarangTaruna. Rangkaian acara penilaian Tenaga Kesehatan Teladan selesai pada pukul 14.00 WIB.

 

 

Kunjungan Yayasan ANYO Indonesia (YAI) di Puskesmas Imogiri 1

Image

Pada hari Minggu, Tanggal 2 April 2017 Puskesmas Imogiri 1 mendapat kunjungan dari  Yayasan ANYO Ïndonesia . Kunjungan Yayasan ANYO Indonesia ke Puskesmas Imogiri 1 bertujuan memberikan hibah alat opthalmoscope dalam rangka  ”Gerakan 1000 Ophthalmoscope“. Yayasan Anyo Indonesia yang diketuai oleh Pinta Manullang ini merupakan yayasan untuk anak-anak kanker Indonesia. Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh ibu Bupati Erna Kusumawati yang juga merupakan Ketua PKK Kabupataen Bantul serta Bapak Camat Imogiri  beserta istri dan para kader puskesmas Imogiri 1 serta perwakilan karyawan Puskesmas Imogiri 1.

Dalam kesempatan itu yayasan ANYO Indonesia memberikan buku serta materi tentang deteksi  kanker anak sejak dini dan  penggunaan alat opthalmoscope. Alat Opthalmoscope merupan alat yang digunakan untuk mendeteksi retinoblastoma.  Kendala deteksi dini retinoblastoma, yaitu tidak tersedianya alat Ophthalmoscope di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan. Untuk menggalakkan deteksi dini kanker mata, Yayasan Anyo Indonesia kemudian membuat “Gerakan 1000 Ophthalmoscope”.

Ketua Yayasan Anyo Indonesia Pinta Manullang mengatakan, alat ini sangat penting untuk skrining awal kanker bola mata, jika ditemukan stadium awal, pengobatan pun akan lebih mudah dan tidak berbiaya tinggi. Misalnya, tidak diperlukan kemoterapi.

PROFIL PUSKESMAS IMOGIRI 1

PUSKESMAS IMOGIRI 1

Ngancar,Karangtalun,Imogiri,Bantul,DIY

55782,Telp 0274-6994013

      Wilayah kerja meliputi 4 Desa yaitu Wukirsari, Imogiri, Karangtalun,Girirejo dengan luas 20,67 km2. Jumlah Penduduk 26.857 terdiri dari laki –laki 13362 jiwa ,perempuan 13495 jiwa. Jumlah dusun yang ada di wilayah adalah 30 dusun,194 rumah tangga.

Jenis dan Jadwal Pelayanan

• Poli Umum : Setiap Hari

• Poli Ibu dan Anak

 Anak : Setiap Hari

 Ibu Hamil : Senin, Kamis, Sabtu

 KB : Selasa,Jumat

 Imunisasi : Rabu

 Calon Pengantin : Setiap Hari

• Poli Gigi : Setiap Hari

• Laboratorium & HIV : Setiap Hari

• IMS : Setiap Hari

• Poli Mata : Selasa

• Poli Spesialis Anak : Sabtu

• Farmasi : Setiap Hari

• Pemeriksaan Calon Haji : Jika diperlukan

• Sanitasi : Setiap Hari

• Gizi : Setiap Hari

• Konseling : Setiap Hari

• UGD & Rawat Inap : 24 jam, Setiap Hari

• Persalinan : 24 jam, Setiap hari

Pendaftaran dibuka pukul 07.30 WIB

Pegawai Puskesmas Imogiri 1 berjumlah 46 orang terdiri dari :

 

 1 Kepala Puskesmas

 1 KaSubag TU

 7 Staff

 2 Dokter

 1 Dokter Gigi

 1 Apoteker

 7 Perawat

 3 Perawat Gigi

 12 Bidan

 2 Analisis Laboratorium

 1 Sanitarian

 2 Petugas Gizi

 1 Rekam Medis

 1 Jaga Kantor

 3 Pekarya Kesehatan

 

 

       Puskesmas Imogiri 1 merupakan puskesmas yang terakreditasi oleh Badan Mutu DIY dengan sertifikat lulus akreditasi dengan melewati serangkaian proses penilaian yang dilakukan Badan Mutu DIY. Puskesmas Imogiri 1 juga merupakan puskesmas yang ditetapkan oleh KaDinKes sebagai puskesmas mampu PONED, yaitu puskesmas yang mampu menangani emergency pada ibu hamil dan melahirkan serta bayi baru lahir.

       Saat ini puskesmas mengembangkan diri sebagai puskesmas peduli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), dimana kami terus berusaha memperhatikan keselamatan kerja , termasuk dengan mengadakan senam bersama, penggunaaan APD (Alat Pelindung Diri), dipasangnya rambu-rambu berkaitan dengan kewaspadaan. Kesehatan juga merupakan perhatian untuk menunjang PHBS dan keselamatan kerja agar kondisi kesehatan baik fisik maupun non fisik terjaga dengan baik, sehingga bisa melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Imogiri.

      Untuk meningkatkan kecepatan pelayanan kami selalu berusaha memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah penggunaan AHA (Automatic Hematology Analyser) pada pemeriksaan Laboratorium untuk pemeriksaan darah rutin yang dengan system manual ± 30 menit tetapi dengan alat tersebut bisa ± 5 menit.

      Untuk Pendaftaran di Puskesmas Imogiri 1 dalam tahap akhir persiapan menuju system computer, sehingga pasien tidak perlu untuk mengisi blangko pendaftaran. Untuk pasien lama cukup menunjukkan kartu pendaftaran.

      Untuk pemeriksaan Ibu Hamil di Puskesmas Imogiri 1 juga sudah tersedia fasilitas USG Yang digunakan dalam pemeriksaan kehamilan.

      Setiap hari kami berusaha untuk selalu memperbaiki diri baik fisik dan non fisik, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien dan pengunjung. Untuk layanan publik yang bisa kami sediakan adalah :

1. Lingkungan yang bersih dan rapi .

Kami harapkan bias menambah kenyamanan pengunjung. Puskesmas Imogiri 1 juga merupakan kawasan dilarang merokok.

2. Ruang tunggu yang memadai dan tidak sempit serta ventilasi cukup.

Kami mulai bulan Juni ini sudah kami pisahkan ruang tunggu pendaftaran dan ruang tunggu poli, obat dan laboratorium.

3. Tempat parkir bagi pengunjung dan pegawai

Tempat parkir yang cukup untuk mobil ada di halaman depan

4. Kamar mandi yang bersih dan air yang cukup

5. Alat audio visual

Misalnya : televisi, sound system yang memperlancar pelayanan,

6. Air Minum

Air minum yang kami sediakan setiap hari untuk sekedar mengurangi rasa haus saat menunggu.

7. Ruang Menyusui

Kami menyediakan ruang menyusui untuk mensukseskan peraturan asi eksklusif untuk bayi < 6 bulan seperti diamanatkan PerDa Nomor 7 Tahun 2011 tentang ASI, dan PerBup Bantul Nomor 82 Tahun 2012 tentang adanya ruang menyusui di klinik umum.

8. Cuci tangan pengganti sabun untuk menjaga agar pengunjung bisa tetap menjaga kebersihan, maka kami menyediakana alat cuci tangan dengan pengganti sabun, disertai petunjuk penggunaan. Alat ini bisa dijumpai di luar puskesmas.

9. Perpustakaan Mini

Untuk meningkatkan wawasan pengunjung kami menyediakan majalah dan Koran.

10. Listrik dengan kapasitas cukup

Mulai tahun 2014, Kami memasang meteran lagi untuk lantai atas sehingga tidak terjadi listrik turun yang mengganggu pelayanan pasien.

11. Tempat Sampah

Tempat sampah disediakan 3 tabung menjadi tempat sampah untuk kertas, plastik, botol, kaca ,logam dan kaleng

12. Arena Bermain dan Alat pemeriksaan Di klinik anak

Kami menyediakan mainan sederhana yang bisa digunakan untuk bermain saat pemeriksaan di poli anak.

13. Informasi yang mempermudah dan memperlancar pasien yang sedang berkunjung, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, meliputi ; denah, alur, jadwal, tarif, poster-poster, Leaflet, Kalender, Buku Saku.

14. Mushola

Mushola yang ada di sebelah parkir kami persilahkan untuk siapa saja yang sholat.

15. Fasilitas sms center,telepon,email,kotak saran atau langsung, jika ada pengaduan saran dan kritikan.

16. Penyaringan Air

Untuk ketersediaan air bersih, kami mempunyai 2 sumber air dan untuk menjaga kualitas kami mempergunakan penyaringan air.

      Kami bertekad untuk selalu bisa “ melayani dengan hati” sesuai motto kami, agar kami bisa memberikan manfaat dan kenyamanan yang sebaik-baiknya bagi pasien dan pengunjung Puskesmas Imogiri 1 pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

     Kondisi Puskesmas Imogiri 1 baik luar gedung maupun dalam gedung, kami usahakan rapi dan bersih agar menambah kenyamanan pengunjung, ditanamnya pohon-pohon perindang diantaranya adalah sawo kecik yang merupakan pohon yang merupakan ciri khas Yogyakarta, semoga beberapa waktu yang akan datang kerindangannya bisa segera dinikmati.

Demikianlah sekilas tentang Puskesmas Imogiri 1, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

 

 

TIPS MENJAGA NAFAS TETAP SEGAR DIBULAN PUASA

  1. Bersihkan karang gigi
  2. Cabut gigi yang sudah rusak/tinggal akar
  3. Tambal gigi yang berlubang
  4. Makan makanan berserat seperti sayur dan buah
  5. Hindari makan yang berbau seperti petai, jengkol…
  6. SST… Sikat Gigi Sebelum Tidur dan setelah Sahur
  7. Sikat Permukaan lidah dg sikat lidah/sikat berbulu halus dg gerakan searah
  8. Kunjungi dokter gigi setiap 6 bln sekali

By BPG Pusk Imogiri I

Drg. Endar Sri A, Yan, Anna