Dorong Prestasi Siswa dengan Rajin Gosok Gigi


Foto Kegiatan Pekasigimas yang digelar oleh Pusk.Imogiri 1 di MI Giriloro I dan II

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, bagi anak2, gigi adalah salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Untuk mengupayakan hal ini,peran orang tua dinilai sangatlah penting
Dokter gigi Puskesmas Imogiri 1, Endar Hayati menjelaskan kesehatan gigidan mulut turut memberikan kontribusi bagi konsentrasi anak saat berada di kelas. Itulah sebabnya, ia berharap orantua turut terlinat mendampingi anak-anak dalam menjaga kesehatan giggi dan mulut.
Melalui program Pembentukan Kader Orang Tua Siswa Dalam Kegiatan Sikat Gigi Mandiri di Rumah dan Sekolah (Pekasigimas)yang diinisiasi oleh puskesmasnya, ia menggandeng orangtua dan sekolah. Kader-kader pun direkrut dari orangtua siswa, dimana tiap kelas memiliki satu kader yang dilatih. Tugasnya untuk mendampingi Pihak Puskesmas saat melakukan kunjungan ke sekolah setiap satu bulan sekaliyang hiasanya dilakukan pada Jumat atau Sabtu minggu kedua, “Pekasigimas kami mulai sejak maret 2013.Tapi mulai menggandeng sekolah dan orang tua siswa setahun setelahnya” ujar drg Endar Hayati.
Sejauh ini ia telah bekerja sama dengan madrasah Ibtidaiyah(MI) Giriloyo 1 dan II. Setiap orang tua siswa diberi check list berupa buku saku berisi poin2 penting terutamadalam mrnjaga kesehatan siswa dapat terkontrol dengan baik. Sebab bagaimanapun waktu siswa di rumah tentu akan lebih banyak daripada di Sekolah.. Salah satu kader Pekasigimas MI I Giriloyo , Anna Sriningsih mengapresiasi inovasi yang dikembangkan Puskesmas Imogiri 1 ini. Ia mengakui selama ini kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut baik orangtua maupun siswa cukup rendah. Alhasil siswa pun terabaikan “ Apalagi ada hadiah bagi siswa yang rajin dan berprestasi itu bagus sekali untuk memotivasi “ Imbuhnya.