Skizofrenia

Skizofrenia

Skizofrenia merupakan suatu gangguan jiwa kronis, yang dicirikan oleh suatu siklus kekambuhan dan remisi. Frekuensi kekambuhan pada Orang Dengan Skizofrenia (ODS) akan semakin menurunkan kualitas hidupnya sehingga diperlukan upaya-upaya pencegahan kekambuhan pada ODS. Berbagai faktor risiko yang berhubungan dengan kekambuhan skizofrenia adalah faktor individu ODS, faktor terapi maupun faktor lingkungan.

Lingkungan terdekat yaitu keluarga serta masyarakat sekitar yang mendukung sangat dibutuhkan ODS dalam proses perawatannya. Lingkungan yang bisa memahami kondisi ODS dan mensuport proses tatalaksana baik farmakoterapi maupun tatalaksana non farmakoterapi. Namun demikian keluarga serta masyarakat yang seharusnya memberikan dukungan positif kepada ODS justru sering bersikap tidak tepat terhadap ODS, mengejek, mengucilkan, menstigma sehingga meningkatkan risiko terjadinya kekambuhan pada ODS. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya dukungan keluarga dan masyarakat adalah rendahnya pengetahuan tentang Skizofrenia akibat kurangnya edukasi. Psikoedukasi merupakan faktor penting dalam peningkatan pengetahuan tentang Skizofrenia yang pada akhirnya akan meningkatkan sikap dan perilaku dalam perawatan ODS oleh keluarga dan masyarakat.

Media edukasi menjadi sarana penting yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dan masyarakat. Media edukasi yang menarik dan komunikatif dan sesuai kebutuhan akan memudahkan seseorang menerima informasi tentang skizofrenia. Keterlibatan ODS dan keluarga dalam pembuatan media edukasi diharapkan akan lebih sesuai dengan harapan dan kebutuhan ODS, keluarga dan masyarakat. Di sisi lain, kegiatan ini juga akan membuat ODS dan keluarga berperan aktif dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang benar di masyarakat sehingga akan meningkatkan rasa bahagia dan berharga diantara para ODS dan keluarga sehingga meningkatkan harga diri dan kualitas hidup ODS yang terlibat. Tidak sedikit ODS dan keluarga yang memiliki potensi besar dalam ketrampilan pembuatan media edukasi masyarakat.

by. Programmer Kesehatan Jiwa Puskesmas Imogiri II

Amperawati, Amd.Kep.

No HP 081 7944 5924

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *