ada di sini dan sampai Yunani


Rabu 16 Januari 2019,Jam 09.00-11.30 WIB. Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Kasihan II Bantul menerima Nara tamu Prof. Dimitrios Theofanidis Alexander dari Technological Institut Of Tessaloniki (ATEITh), Greece/ Yunani di dampingi Azam David Saifullah, S.Kep.,M.Sc dari Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM melakukan kunjungan lapangan (Community visit).
Nara tamu temui Oleh Kepala Puskesmas Kasihan II drg. Elmi Yudihapsari, MPH beserta Kasubbag TU Yulisnaka Rasa Susila, SKM , Pelaksana Program Kesehatan Jiwa Siti Mulyani, Amd.Kep dan Promkes Sapti Sari Ayu Purnasari, SKM. Dalam kunjungannya Nara tamu mendapatkan informasi mengenai Program Kesehatan di Puskesmas secara kesuluruhan dan melihat pelayanan Poli Konsultasi Tamu Sitimewa, Media Promosi Kesehatan Jiwa serta melihat rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM) “Gelimasjiwo”di Desa Ngestiharjo.
Acara di Gelimasjiwo dimeriahkan dengan tari Poco-poco dan Tari dari Yunani secara bergantian dan melihat proses Rehabilitasi. Dipandu Ketua Gelimasjiwo ibu Suniyati dan pembawa acara Erni Jamiah ST dilaksankan diskusi antara lain penanganan Orang dengan Gangguan Jiwa di Indonesia dan Yunani. Perbedaan signifikan pada kasus ODGJ yang menggelandang di Yunani ditangani oleh negara secara terus menerus sehingga tidak ada gelandangan. Namun satu hal yang sama berat dihadapi ODGJ di Yunani dan Indonesia adalah dengan stigma yang sangat berat dan diskriminasi. Di akhir acara Prof Dimitrios menyampaikan kesannya bahwa keramah tamahan Masyarakat Indonesia, kuat kultur/ budaya tolong menolong, adanya kepedulian, saling meperhatikan dan sangat kekeluargaan. Pesan dari Prof Dimitri agar tetap menjaga kultur yang masih ada karena kallau tidak dijaga akan hilang dimasa yang akan datang seperti di Negara Yunani. Pesan penting lainnya adalah untuk “tetap update informasi melalui tehnologi namun tetap harus memperhatikan lingkungan sekitar anda. (Itis)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *