1. Daftar Posbindu (programer: Wiwiek Suhastirin, Amd. Kep):

a. Padokan Lor: berjalan 2015
b. Jomegatan: berjalan sejak 2016

2. Kegiatan Posbindu

adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarak

at dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, upaha kesehatan bersumber daya masyarakat, jadi jangan kaget nanti selain ada kader Posyandu di kampung juga akan ada kader posbindu, kader lansia, dan kader lainnya.

Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih mkepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM. Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabete, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

Selain pemeriksaan ada juga kegiatan seperti senam lansia, arisan, kumpul kumpul bersama sehingga bisa menjadi tempat refershing bagi mereka yang suntuk di rumah. Selain upaya kesehatan fisik mereka juga diajak untuk hidup sehat bersama yang lain dan satu sama lain saling memberikan dorongan untuk menjaga kesehatan masing masing.
Di wilayah Puskesmas Kasihan 2 terdapat 2 Posbindu PTM yaitu di Dusun Padokan Lor (Tirtonirmolo) dan di Jomegatan (Ngestiharjo). Dalam pelaksanaan Posbindu didampingi oleh tim medis dari Puskesmas Kasihan 2, baik untuk penyuluhan, konseling maupun pemeriksaan laboratorium.

3. KESEHATAN JIWA

Upaya Kesehatan Jiwa Puskesmas Kasihan 2 memilliki berbagai kegiatan, meliputi:
a. Dalam gedung
– Pelayanan Keswa setiap hari
– Konsultasi tamu Sitimewa setiap hari rabu dan Jumat (perjanjian)
– Konsultasi calon pengantin (Lintas Sektor)
– Pelayanan hasil skrining UKS (Lintas program)
– Update Knowledge Tenaga kesehatan

b. Luar gedung
– Promosi Kesehatan
– Deteksi dini gangguan psikotik dan Non Psikotik
– Pembinaan Kelompok ODGJ, Care Giver dan Kader dalam Gelimasjiwo
– JAMAH/Jumat kunjungan Rumah
– Rujukan Lintas Sektor atau jemputan RSJ Grhasia (Rujukan Linsek Viaghra)
– Pertemuan kader
– Pertemuan TPKJM (Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat)