POS PEMBINAAN TERPADU

Yuk… ke POSBINDU !!

Sesuai Juknis Posbindu PTM, Kemenkes RI 2012, disebutkan bahwa saat ini peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat. Salah satu strategi yang dikembangkan pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular ini, kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM. Posbindu PTM merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam upaya pengendalian faktor risiko secara mandiri dan berkesinambungan. Pengembangan Posbindu PTM dapat dipadukan dengan upaya yang telah terselenggara di masyarakat. Melalui Posbindu PTM, sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat bisa ditekan.

Apa itu Posbindu PTM ???

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Puskesmas kretek mempunyai 5 Posbindu binaan diantaranya : Dusun Kretek  Desa Parangtritis, Dusun Muneng, Desa Tirtohargo, Dusun Mulekan II Desa Tirtosari, Dusun Tluren, Desa Tirtomulyo, Dusun Tegalsari Desa Donotirto. Kegiatan Posbindu ini rutin dilakukan sejak Januari 2017. Warga yang berpartisipasi ikut Posbindu dari usia 15 tahun sampai tak terbatas. Semua warga yang datang sangat antusias untuk melakukan deteksi dini Pengendalian Penyakit TIdak Menular (PTM). Kegiatan ini dilakukan 1 bulan sekali sesuai jadwal.

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya :

  • BB, TB, IMT, Pengukuran Tekanan Darah
  • Pemeriksaan Lab : Gula Darah Sewaktu (GDS) , Kolesterol serta konseling kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *