Puskesmas Kretek

Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Dusun Jebugan Gelar Deklarasi Kawasan Bebas Tanpa Asap Rokok (KSBAR).

 

Sabtu, 2 Mei 2018, Warga dusun Jebugan, Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Bantul Peringati Hari Tanpa Tembakau dengan melakukan Deklarasi Kawasan Bebas Asap Rokok. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Sekretaris Daerah III Kabupaten Bantul Bapak Toto Sudarto, M.Pd, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini bahwa asap rokok dapat membahayakan kesehatan baik untuk individu, masyarakat dan lingkungan, sehingga diperlukan upaya perlindungan untuk terhindar dari paparan asap rokok diantaranya yaitu dengan membuat Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok yang didasari oleh Peraturan Bupati Bantul No.18 Tahun 2016. Beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat contoh oleh Dusun lainnya.

Selain itu acara ini dihadiri oleh Camat Kretek, Dirut Rumah Sehat Baznas, Puskesmas Kretek, Lurah Desa Tirtomulyo, Danranmil, Kepala Dusun yang ada di Desa Tirtomulyo, Tokoh Masyarakat, serta Karang Taruna.

Deklarasi tersebut dipimpin oleh Bapak Sutaryono selaku Kepala Dusun Jebugan. Dalam deklarasi tersebut, masyarakat Jebugan menyepakati untuk melindungi masyarakat dari Paparan Asap Rokok dengan komitmen untuk :

  1. Tidak merokok di dalam Rumah
  2. Tidak merokok di dalam pertemuan masyarakat
  3. Tidak merokok di Sarana Pendidikan dan Tempat Ibadah
  4. Tidak merokok di depan orang yang tidak merokok Terutama Bayi, Balita, dan Ibu Hamil.

Sebelum acara deklarasi digelar warga telah diberikan sosialisasi Bahaya Rokok oleh Tim Layanan Luar Gedung RS Baznas dan Puskesmas Kretek. Antusias Warga Dusun Jebugan untuk Menciptakan Dusun yang sehat hingga akhirnya Deklarasi Kawasan bebas Tanpa Asap Rokok Ini terwujud.

Semoga dapat menginspirasi Dusun yang lain… Salam Sehat, Salam CERDIK …..

 

Promkes Puskesmas Kretek

Kategori: Kegiatan Puskesmas

kretek

Pusat Kesehatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desain By : Jalighost