Puskesmas Kretek

Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional 2019, Puskesmas Kretek  mengadakan Gebyar GERMAS untuk masyarakat Kecamatan Kretek. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2019 dengan mengusung tema “Masyarakat Kretek Sehat dengan GERMAS”. Panitia dalam kegiatan ini adalah karyawan Puskesmas Kretek dibantu beberapa donatur mengemas kegiatan Gebyar GERMAS dengan senam massal, pemeriksaan & konsultasi gratis, games, makan buah Bersama, deklarasi GERMAS serta hiburan.

            Gebyar GERMAS dilaksanakan sebagai upaya Puskesmas untuk lebih mengenalkan pilar-pilar Gerakan ini kepada masyarakat kretek. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Meningkatnya PTM dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Hal ini berdampak pula pada besarnya beban pemerintah karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar. Pada akhirnya, kesehatan akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi.

            Animo masyarakat ternyata cukup tinggi dalam cara ini dari 500 kupon yang kami sediakan semuanya habis. Minggu pagi masyarakat berkumpul di lapangan Mojo, Donotirto. Acara kami mulai pukul 06.30 WIB. Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars GERMAS dari karyawan Puskesmas kemudian sambutan dari drg. Yuni Astuti Kepala Puskesmas Kretek, dr. Fauzan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan Bapak Cahyo Widada, S.Sos., M.Hum Camat Kecamatan Kretek.

             Dalam sambutannya dr. Fauzan menyampaikan bahwasanya GERMAS sangat penting dilaksanakan untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit tidak menular yang saat ini semakin banyak terjadi baik menjangkiti kaum tua maupun muda karena pola hidup yang tidak sehat. Harapan beliau acara ini bisa ditiru kecamatan atau Puskesmas lain untuk menggerakan massa agar mereka mengerti dan memahami GERMAS. Cahyo Widada, S.Sos., M.Hum selaku Camat Kretek memberikan sambutan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa GERMAS adalah program skala nasional yang tujuannya baik untuk pembangunan kesehatan maka dari itu terapkan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Beliau menekankan bahwa mencegah memang sangat penting sekali dari pada mengobati karena biaya berobat tidaklah murah.

            Selepas sambutan, acara senam massal dimulai, masyarakat dan lintas sektor sangat antusias mengikuti Gerakan yang dipandu oleh instruktur dari mulai pemanasan sampai pendinginan. Setelah senam kami mengajak masyarakat untuk makan buah Bersama dengan dipimpin oleh bapak Camat.

            Deklarasi germas dibacakan bapak Camat dengan ditirukan oleh masyarakat dan lintas sektor. Adapun Draft deklarasi GERMAS kecamatan Kretek adalah sebagai berikut:

Kami Masyarakat Kecamatan Kretek Berkomitmen Untuk Mendukung Upaya Pemerintah, Dalam Pembangunan Kesehatan Nasional Dengan Melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

  1. Akan Berupaya Untuk Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari Minimal 30 Menit
  2. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Setiap Hari
  3. Memeriksakan Kesehatan Secara Rutin Minimal 6 Bulan Sekali, Sebagai Upaya Deteksi Dini Penyakit.
  4. Mengurangi Konsumsi Rokok
  5. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban Sehat

Germas: Sehat, Bugar, Produktif, Dan Cegah Stunting Itu Penting!

Semoga apa yang kita dengungkan bersama-sama pagi itu masuk kedalam relung hati,sehingga kita semua mempunyai niat untuk merubah perilaku, yakni perilaku hidup sehat. Penyampaian deklarasi ditutup dengan simbolis penerbangan burung merpati dan penandatanganan komitmen bersama yang diwakili oleh lintas sektor.

            Selepas peyampaian deklarasi acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize, pemeriksaan & konsultasi gratis dan hiburan. Dalam pemeriksaan massal kami menyediakan cek lab 150 stik GDS, Kolesterol dan Asam urat. Doorprize berupa alat-alat rumah tangga dengan hadiah utama adalah sepeda gunung. Setiap beberapa sesi pembagian doorprize diiringi oleh hiburan. Atensi masyarakat akan kegiatan ini sangat baik, sehingga kami berharap masyarakat tidak lupa apa tujuan kami mengadakan kegiatan ini. GERMAS bukan lagi produk marketing tapi sebagai obat, obat pencegahan terjdinya masalah-masalah kesehatan yang berawal dari pola hidup yang tidak sehat.

Kategori: Kegiatan Puskesmas

kretek

Pusat Kesehatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desain By : Jalighost