Puskesmas Kretek

Pembangunan kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional karena menyentuh hampir semua aspek kehidupan. Program pembangunan nasional menyebutkan bahwa sasaran program kesehatan adalah keberdayaan individu, keluarga dan masyarakat, dengan menekankan pada peningkatan perilaku hidup sehat dan peran aktif masyarakat dalam memelihara dan melindungi kesehatan diri dan lingkungan sesuai dengan sosial budaya setempat, untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Pembangunan sangat terkait dan dipengarui oleh aspek demografi/ kependudukan, keadaan dan pertumbuhan ekonomi perkembangan lingkungan fisik dan biologik. Keberhasilan pembangunan kesehatan dapat dilihat dari beberapa indikator yang digunakan untuk memantau perkembangan derajat kesehatan masyarakat.

Keadaan sehat merupakan dambaan semua pihak, tidak hanya individu atau keluarga, tetapi juga oleh kelompok bahkan juga oleh masyarakat. Sehat adalah keadaan sejahtera badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (UU no. 23 tahun 1992).

Penanganan masalah kesehatan masyarakat saat ini sudah menuntut digunakannya  pendekatan sosial yang lebih luas karena perkembangan masalah kesehatan sangat erat kaitannya dengan faktor resiko perilaku sehat sakit individu / masyarakat. Paradigma hidup sehat dari H.L. Blum dapat dijadikan dasar untuk lebih memahami kompleksitas masalah kesehatan masyarakat.

Berdasarkan pandangan hidup sehat H.L Blum diperkenalkan empat faktor utama yang mempengaruhi derajat kesehatan individu / masyarakat, antara lain faktor perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan genetik. Keempat faktor tersebut saling berinteraksi satu sama lain mempengaruhi derajat kesehatan individu / masyarakat. Diantara keempat faktor tersebut, faktor perilaku manusia merupakan faktor paling besar dan paling sulit ditanggulangi disusul oleh faktor lingkungan. Sedangkan faktor pelayanan kesehatan memegang peran ketiga terbesar menurut konsep ini.

Untuk mewujudkan keadaan sehat tersebut banyak cara yang harus diupayakan. Salah satu diantaranya adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Jika pelayanan kesehatan tidak tersedia, tidak tercapai, tidak terjangkau, tidak berkesinambungan, tidak terpadu dan atau tidak bermutu akan sulit terwujud keadaan sehat tersebut. Puskesmas sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan dasar memegang peranan yang penting dalam konsep ini untuk mewujudkan kesehatan masyarakat dengan biaya yang terjangkau. Selain melaksanakan upaya kuratif berupa pengobatan, puskesmas juga melaksanakan upaya promotif serta preventif atau pencegahan terjadinya suatu penyakit dalam kelompok atau masyarakat.

Guna melaksanakan upaya-upaya tersebut diatas diperlukan peran serta masyarakat terutama dalam hal pencegahan terjadinya suatu penyakit. Hal ini dapat dilihat dari keinginan masyarakat untuk turut berperan serta dalam kegiatan-kegiatan kesehatan misalnya turut serta mendirikan posyandu balita maupun lansia, peran serta sebagai kader kesehatan maupun dalam upaya memelihara dan meningkatkan kesehatan lingkungannya secara mandiri

Puskesmas Kretek sebagai salah satu Puskesmas di Kabupaten Bantul dengan tiada henti berusaha memegang peranan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Berbagai kiat telah dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut bertanggungjawab atas kesehatan lingkungan serta perilaku hidup sehat secara mandiri.

Desain By : Jalighost