Pertemuan Prolanis Puskesmas Pajangan

Pertemuan Prolanis di Puskesmas Pajangan diadakan setiap bulan  pada tanggal 25, Untuk bulan April Pertemuan Prolanis dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 April 2017 bertempat di Aula B Puskesmas Pajangan yang diikuti oleh 22 orang anggota prolanis dari Hipertensi dan Diabetes Melittus, dengan materi Diet Hipertensi dan Tanya Jawab tentang Penyakit Hipertensi , Diabetes Melitus oleh Sutanta, Amd.Kep.

Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil

Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Pajangan dilaksanakan setiap bulan pada hari Sabtu ke-4. Pada bulan April 2017 dilaksanakan hari Sabtu tanggal 22 April 2017 di Aula Puskesmas Pajangan yang diikuti oleh 11 Ibu Hamil wilayah Kecamatan Pajangan. Pada pertemuan kali ini dengan materi Kehamilan dan Persalinan oleh Bidan Siti Toharoh, Amd.Keb dan Bidan Appi Amelia, Amd.Keb.

 

Kegiatan Penggerakan Masyarakat, Penyuluhan ISPA dan Diare pada KADER dan Ibu Balita

Kegiatan Penggerakan Masyarakat  dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 20 April 2017 di AULA Puskesmas Pajangan, dengan materi Penyuluhan tentang ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) dan Diare dikuti oleh KADER Posyandu dan Ibu Balita sejumlah 60 orang dari 3 desa Sendangsari, Triwidadi, Guwosari. Nara Sumber      dr. Lucia Sri Rejeki, MPH dan dr Agus Wibowo.

 

Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak di TK IBNU ABBAS, Triwidadi

Deteksi dini tumbuh kembang  pada anak TK dilaksanakan pada Hari Senin, tanggal 10 April 2017  oleh Bidan Siti Markasanah, S,ST dan Nursurasmi, Amd.KG, di TK IBNU ABBAS di dusun Kayuhan Wetan, Triwidadi, Pajangan. Dengan kegiatan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh kepada 37 anak.

Pembinaan Dukun Bayi di Puskesmas Pajangan

Pembinaan Dukun Bayi di Puskesmas Pajangan dilaksanakan setiap hari Sabtu Pon. Pada Bulan April pembinaan Dukun Bayi di laksanakan pada Hari Sabtu tanggal 8 April 2017 bertempat di Aula B Puskesmas pajangan, diikuti oleh 18 orang dukun bayi di wilayah Puskesmas Pajangan. Dalam pembinaan kali ini berdiskusi tentang Perawatan Bayi baru lahir, tanda bayi sehat dan bayi sakit, serta perawatan Ibu Nifas. Peserta aktif dalam mengikuti diskusi.

LOKMIN PUSKESMAS PAJANGAN 05 Desember 2012

Lokakarya Mini ( LOKMIN ) bulanan Puskesmas Pajangan dilaksanakan setiap awal bulan, untuk tanggal dan tempat rapat biasanya berbeda-beda setiap bulannya. Bisa di rumah makan, resto, tempat wisata, pemancingan, warung makan atau di aula Puskesmas Pajangan. Untuk bulan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Desember 2012 bertempat di Aula Puskesmas Pajangan. Untuk waktu pelaksanaannya sesudah jam sibuk pelayanan yaitu mulai pukul 12.00-14.30 WIB.

Isi dari rapat Lokakarya Mini Puskesmas Pajangan kali ini membahas masalah pelayanan kepada pasien di puskesmas Pajangan, kegiatan-kegiatan yang didanai dana BOK, laporan dan SPJ beberapa Program, mengingatkan kembali tentang PP  No 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai, Prinsip Pelayanan Prima, dan lain-lain.

Menu dalam rapat LOKMIN bulan ini adalah Soto Ayam Kampung dengan segala gorengan pelengkapnya. Untuk Snack ada Roti Parsley, buah salak, puding, kacang dan minuman kemasan.

Karena cuaca pada hari itu mendung dengan disertai hujan rintik-rintik tampaknya menu soto sangatlah pas dan manthab.

by : petugas SIK Puskesmas Pajangan

Pendidikan Kesehatan Melalui Pembinaan UKS Siswa SD

Dalam rangka kegiatan pembinaan UKS Siswa SD di wilayah Puskesmas Pajangan tahun 2012, Puskesmas Pajangan mengundang perwakilan siswa SD di seluruh kecamatan Pajangan untuk mengikuti pembinaan Pendidikan Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal  19 Juni 2012 di Aula Puskesmas Pajangan.

Pemateri dalam acara tersebut adalah salah satu dokter Puskesmas Pajangan  dokter Muhammad Sarto Baktiyo memaparkan pentingnya menerapkan Prilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS ) di sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa.

Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan perwakilan siswa yang diundang dapat menjadi contoh  atau memberi contoh siswa lain di sekolah dalam penerapan PHBS. Contoh sederhana penerapan PHBS di sekolah adalah :

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sesudah bermain atau beraktivitas, sesudah kekamar kecil, sebelum makan
  2. Membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah
  3. Tidak merokok di area/ di lingkungan sekolah
  4. BAK dan BAB di jamban/ WC
  5. Dan lain- lain

 

 

 

 

 

 

by : petugas SIK Puskesmas Pajangan