Pada tanggal 22-26 juli 2019 puskesmas Pajangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan pelatihan pemberian makan bayi dan anak bagi kader dalam rangka penanggulangan stunting yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Pajangan.

Kegiatan ini diikuti oleh 12 orang kader dari Desa Triwidadi dan Desa Sendangsari yang merupakan desa lokus Stunting di Kecamatan Pajangan. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00-14.00 WIB ini bertujuan untuk membekali kader dengan pengetahuan, keterampilan, dan alat untuk mendukung keluarga (ayah, ibu, pengasuh) dalam meningkatkan praktek pemberian makanan kepada bayi dan anak mereka secara optimal khususnya dalam upaya mencegah stunting.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan dengan metode Pembelajaran Orang Dewasa (POD), diskusi, praktik langsung, permainan, simulasi serta dibekali dengan modul, kartu konseling, alat bantu pelatihan, brosur dan peraga boneka, model payudara serta alat tulis kantor.

Pembelajaran diampu oleh 4 fasilitator terlatih yaitu Isti Wahyuni, SST, Tri Budi Asih, Amd.Gz, Tatik Suprihatin, Amd.Keb, dan Nanik Tejowati, SST. Kegiatan dibuka dan ditutup oleh Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH dan seksi Kesga Gizi Dinkes Bantul Fatmah, SST serta penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Siswanto, SST.

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas mengatakan ” kader adalah partner, ujung tombak, pengerak masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan harus dibekalipengetahuan dan keterampilan sehingga mampu mengajak masyarakat agar hidup sehat, maju, dan mandiri”.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *