Hari ini Kamis, 19 September 2019 Puskesmas Pajangan bekerjasama dengan bagian Ilmu Kesehatan Mata RSUP Sardjito menyelenggarakan kegiatan screening mata bagi para penderita diabetes di wilayah Kecamatan Pajangan.

Screening mata pada penderita diabetes

Kegiatan berlangsung di Aula Puskesmas Pajangan dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang. Kenapa perlu dilakukan screening pada penderita diabetes?

Diabetes bukan sekadar gula darah tinggi. Secara jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang menurunkan kualitas hidup penderita. Saking banyaknya komplikasi yang bisa timbul akibat diabetes, salah satu yang mungkin terlupakan untuk diperhatikan adalah penyakit mata.

Fakta menyebutkan bahwa diabetisi – atau penderita diabetes – lebih rentan mengalami kelainan pada mata, seperti katarak, glaukoma, dan retinopati (kelainan retina mata). Penyakit-penyakit mata tersebut berpotensi mengganggu penglihatan, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Pada sebagian kasus, kebutaan bersifat permanen alias tidak bisa disembuhkan.

Oleh sebab itu, diabetesi dianjurkan untuk menjalani screening mata secara rutin. Hal ini bertujuan agar adanya penyakit pada mata dapat dideteksi dini dan segera ditangani, sehingga penurunan fungsi penglihatan bisa dicegah. Sebaliknya, jika penyakit mata akibat diabetes diketahui terlambat, penanganannya menjadi jauh lebih sulit dan kebutaan sering tak bisa dihindari. Berikut beberapa foto kegiatan yang berhasil tertangkap kamera :

Screening mata bekerjasama dengan RSUP Sardjito
Salah satu peserta sedang diperiksa kesehatan matanya
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *