Gertak PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) dilaksanakan di Kecamatan Pajangan, Jumat 6 September 2019. Meliputi 3 (tiga) desa dengan masing-masing desa diambil 1 (satu) sampel dusun. Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara Puskesmas Pajangan, Polsek, Koramil, KUA, Babinsa, Desa, unsur RAPI, Pamong Desa dan kader PSN di desa.

Koordinasi Lintas Sektor di Kecamatan Pajangan sebelum melakukan Gertak PSN

           Untuk saat ini dusun sampel dilaksanakan di Dusun Nanggul Desa Triwidadi, Dusun Kunden Desa Sendangsari dan Dusun Dukuh Desa Guwosari. Setelah dilaksanakan PSN dapat diketahui ABJ (Angka Bebas Jentik) sbb :

1. Dusun Nanggul Desa Triwidadi : Sampel 28, Positif 1, ABJ 96,4%

2. Dusun Kunden Desa Sendangsari : Sampel 39, Positif 3,  ABJ 92,30%

3. Dusun Dukuh Desa Guwosari : Sampel 145, Positif 9, ABJ 93,8%

          

RAPI, BABINSA, dan Pegawai Kecamatan memeriksa jentik nyamuk di penampungan air warga

Diharapkan dengan adanya PSN memberi kesadaran kepada warga masyarakat akan pentingnya pengurasan tampungan air. Pengurasan tampungan air secara rutin seminggu 2 kali dapat memutus siklus hidup nyamuk. Fogging kurang efektif memutus siklus hidup nyamuk, fogging hanya membunuh nyamuk pada saat pelaksanaannya saja, sedangkan telur dan jentik masih bisa bertahan hidup. Sehingga setelah dilaksanakan fogging, nyamuk mati tapi untuk hari kedepannya telur nyamuk berpotensial menetas menjadi jentik nyamuk dan membawa penyakit

Pemeriksaan Jentik Nyamuk di Kamar Mandi Warga
PSN dilakukan oleh seluruh Lintas Sektor
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *