Tanggal 15-17 Oktober 2019 Puskesmas Pajangan bekerjasama dengan RSJ Grasia mengadakan Kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa. Kegiatan ini diikuti oleh 30 kader kesehatan dari 3 desa di wilayah Pajangan yaitu Desa Triwidadi, Desa Sendangsari, dan Desa Guwosari. narasumber pada kegiatan tersebut adalah Ibu Aspi Kristiani, SKM, MA dan Bapak Puji Setyanto, S.Kep, Nrs, MPH dari RSJ Grasia.

Bapak Puji Setyanto, S.Kep, Ners,MPH narasumber dari RSJ Grasia menyampaikan materi Jenis Gangguan Jiwa

Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa ini diselenggarakan sebagai upaya preventif dan deteksi dini terhadap potensi terjadinya masalah kesehatan jiwa dan psikososial di masyarakat.

Masalah kesehatan jiwa masyarakat tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak kasus-kasus gangguan kejiwaan yang lupt dari perhatian keluarga. Untuk itu perlu diciptakan kondisi wilayah yang siaga terhadap kesehatan jiwa warganya.

Kader semangat mendengarkan materi dari Ibu Aspi Kristiani, SKM,MA

Perlu adanya keterlibatan masyarakat wilayah setempat dalam upaya mencapai tujuan yaitu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat. Strategi pemberdayaan masyarakat bermanfaat untuk mengindentifikasi, mengatasi masalah kesehatan jiwa diwilayahnya (PJ.Keswa: Triyani, Amd.kep)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *