Bulan Agustus 2021, Puskesmas Pajangan dengan menggandeng Lintas Sektor Kapanewon Pajangan menyelenggarakan vaksinasi covid 19 dengan sasaran kelompok rentan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Kegiatan dibagi menjadi 2 cara pelaksanaan yaitu mengundang mereka ke Puskesmas Pajangan untuk menerima vaksinasi dan mendatangi langsung ODGJ.

Pemeriksaan Kesehatan sebelum dilakukan Vaksinasi pada ODGJ

Kegiatan dilaksanakan oleh Tim Puskesmas Pajangan yaitu Programer Imunisasi Ibu Susi Ida, Amd.Kep dan Programer Jiwa Ibu Triyani, Amd.Kep.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk ODGJ ini berbeda dengan vaksinasi yang dilakukan kepada tenaga kesehatan, petugas pelayan publik serta lansia beberapa waktu lalu. Vaksinasi yang biasanya dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, kali ini vaksinasi dilakukan secara door to door ke rumah ODGJ. Meskipun dilakukan di rumah ODGJ, proses vaksinasi ini tetap dilakukan dengan alur yang telah ditetapkan.

Pemberian Vaksinasi pada ODGJ

Sebelum dilakukan, petugas melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan kesehatan serta meminta persetujuan dari keluarga ODGJ. Setelah dokter melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ODGJ, maka dokter pemeriksa akan memberikan rekomendasi apakah ODGJ layak untuk diberikan vaksin atau tidak. Jika ODGJ layak dilakukan untuk vaksinasi maka 1 dosis vaksin covid -19 diberikan kepada ODGJ dan dilakukan observasi setelahnya, untuk mengetahui apakah efek atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi .

Caption : Purdiningtyas, S.KM

Dokumen : Sie PROMKES

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *