Konsumsi Gizi Seimbang Selama Pandemi Covid 19

Pandemi Covid 19 menyebabkan banyak perubahan  dalam kehidupan sehari hari. Gizi yang baik dan terencana sangat diperlukan sebelum, selama dan setelah adanya penyakit infeksi termasuk Covid 19. Infeksi menyebabkan tubuh menjadi demam sehingga membutuhkan tambahan energy dan zat gizi. Oleh karena itu menjaga pola makanan yang sehat sangat penting selama masa pandemic, meskipun tidak ada makanan dan suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi covid 19, pola makan dengan gizi seimbang yang tepat dapat meningkatkan system kekebalan tubuh yang baik.

panduan Gizi Seimbang dengan Isi Piringku
contoh menu sederhana dengan nilai gizi seimbang

Pada masa pandemic covid 19, kita harus meningkatkan system kekebalan tubuh yang merupakan kekuatan pertahanan tubuh melawan virus dan bakteri atau organisme penyebab penyakit yang mungkin kita sentuh. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah kunci agar tidak tertular virus covid 19 dengan makan gizi seimbang sesuai panduan Isi Piringku, Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta Rutin berolahraga. Berikut adalah poin poin panduan gizi seimbang selama masa pandemi :

  1. Dalam panduan Isi Piringku, konsumsi makan kita harus terdiri dari Makanan Pokok yang merupakan sumber karbohidrat dapat berupa nasi, jagung, kentang, umbi umbian, Lauk Pauk  yang merupakan sumber protein, lemak dan  mineral, terdiri dari Lauk hewani ( Daging, Ikan, Ayam, telur dll) dan Lauk nabati ( tahu, tempe, kacang kacangan), Sayuran dan Buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Terutama sayuran dan buah yang berwarna banyak mengandung vitamin dan berfungsi sebagai antioksidan yaitu vitamin A,C,E, yang potensial dalam melawan oksidasi yang menurunkan kondisi kesehatan tubuh.
  2. Minum Air Putih 8 gelas sehari
  3. Pastikan 5 kunci keamanan pangan ( cuci bersih tangan dan bahan makanan sebelum diolah, pisahkan bahan makanan mentah dan matang termasuk pisau dan talenanharus dibedakan, memasak dengan benar dan matang terutama bahan makanan hewani, simpan makanan pada suhu yang tepat, gunakan air dan bahan baku yang aman)
  4. Hindari gula, garam dan lemak yang berlebihan
  5. Penting untuk mencoba berbagai masakan dirumah atau menyusun siklus menu untuk memastikan keluarga tidak menjadi bosan dengan makanan yang sama
  6. Konsumsi suplemen multivitamin jika diperlukan

created by : Purdiningtyas, S.KM (PROMKES Puskesmas Pajangan)