Kecamatan Pajangan terletak di sebelah barat tenggara wilayah Kabupaten Bantul dengan luas wilayah 3327,7590 km2, dengan topografi 70 % pegunungan dan 30 % dataran rendah. Seperti wilayah Indonesia lainnya, di Kecamatan Pajangan terdapat 2 iklim yaitu Kemarau dan Penghujan dengan temperatur antara 22-360C dengan kelembaban yang cukup tinggi. Puskesmas Pajangan dengan luas tanah + 1600 m2 terletak di sebelah timur kantor Kecamatan Pajangan. Jarak antara Puskesmas dengan itu kota kecamatan se jauh + 3 km, dengan kota kabupaten se jauh + 7 km dan dengan kota Yogyakarta se jauh + 20 km. Puskesmas Pajangan terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Secara geografis, batas wilayah kerja Puskesmas Pajangan Bantul sebelah utara berbatasan dengan Desa Bangunjiwo Kasihan, dan Argodadi Sedayu, sebelah timur dengan Desa Ringinharjo Kecamatan Bantul, sebelah selatan dengan Desa Wijirejo Kecamatan Pandak, dan sebelah barat berbatasan langsung dengan sungai progo. Jumlah penduduk Kecamatan Pajangan menurut jenis kelamin tahun 2018 :

Puskesmas Pajangan adalah Puskesmas yang memiliki fasilitas Unit Gawat Darurat (UGD) yang melayani 24 jam dan memiliki fasilitas rawat inap (Ranap) untuk penyakit umum dan ibu melahirkan. Sumber daya kesehatan di Puskesmas Pajangan secara keseluruhan baik tenaga medis maupun paramedis adalah sebanyak 51 tenaga kesehatan. Pelayanan dilakukan setiap hari senin sampai sabtu dimulai pukul 07.30 – 14.30 WIB. Puskesmas Pajangan memiliki 3 desa binaan yaitu Triwidadi, Sendangsari, dan Guwosari.

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pajangan yang meliputi pendaftaran,  pemeriksaan umum, gigi, KIA, laboratorium, fisioterapi, psikologi dan farmasi telah memiliki pengukuran indikator mutu, pengendalian kinerja dengan 509 SOP ( Standart Operating Procedur) sebagai acuan kerja karyawan dan pemeliharaan sistem dengan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan 5R ( Rapih, Resik, Ringkes, Rawat dan Rajin). Saat pasien datang ke  puskesmas dapat mengakses informasi tentang jenis layanan, waktu, petugas, alur, denah dan petunjuk arah. Pelayanan dilakukan dengan computerized sehingga mempermudah pencarian rekam medik dan membantu pasien apabila kartu periksa tertinggal atau hilang. Sebagai evaluasi kinerja layanan disediakan sarana masukan pelanggan berupa kotak saran dan SMS center serta kotak kepuasan bagi pelanggan. Untuk  tindaklanjut penanganan keluhan  diberikan feedback melalui papan informasi.

Puskesmas Pajangan Bantul juga memiliki kegiatan luar gedung salah satunya yaitu Puskesmas keliling. Puskesmas keliling dilakukan sesuai dengan kegiatan Posyandu pada setiap dusun yang terdapat 55 dusun sehingga jadwal puskesmas keliling dilakukan sesuai dengan jadwal 60 posyandu.