Pada hari Minggu 26 Maret 2017 dilaksanakan pembentukan posyandu remaja di dusun Tirto Triharjo Pandak. Tujuan dibentuknya posyandu remaja ini adalah :
1. Mencegah terjadinya anemia terutama pada remaja putri.
2. Meningkatkan kesadaran remaja tentang kesehatan secara umum.
3. Mempersiapkan remaja putri yang sehat sehingga kelak di saat menikah dan hamil angka anemia ibu hamil dan KEK dapat diturunkan, dan diharapkan bayi yang dilahirkan sehat tidak BBLR (Berat Badan Lahir Rendah < 2500 g) dan tidak stunted (bayi lahir pendek <48 cm)
4. Mencegah terjadinya pernikahan dini dan KTD (Kehamilan yang tidak dikehendaki).
Acara pembentukan posyandu remaja ini dihadiri oleh bapak Panto Riyadi selaku dukuh Tirto, Ibu Suratminingsih, S.Pd selaku wakil ketua PKK desa Triharjo, ketua PKK dusun Tirto dan sekaligus tuan rumah tempat pelaksanaan posyandu remaja, hadir juga ibu Ari Purwanti, selaku pengurus PKK dusun Tirto bidang kesehatan. Dari Puskesmas Pandak II hadir perwakilan tim pembina posyandu remaja yaitu bidan desa Suharmiyatun, A.Md.Keb dan nutrisionis Istiwahyuni, SST. Acara dibuka dengan sambutan dari kepala dukuh, ketua PKK, pengurus PKK dusun Tirto bidang kesehatan dan pengarahan dari puskesmas. Dilanjutkan dengan pembentukan pengurus dan praktek pelaksanaan posyandu remaja meliputi : pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas dan tekanan darah. Para remaja puteri dusun Tirto tampak antusias mengikuti acara sampai selesai. Untuk ke depan remaja mengharapkan ada pemeriksaan Hb sebagai skrining anemia dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja puteri.
Selain itu juga pihak remaja mengusulkan ada layanan konseling remaja dan penyuluhan dengan topik yang akan ditentukan sesuai kesepakatan remaja yang akan disampaikan ke pihak puskesmas sebelum acara posyandu remaja dilaksanakan.foto posyandu remaja tirto 1foto posyandu remaja 2

 

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *