RANGKAIAN KEGIATAN PROLANIS PIYUNGAN SEHAT MANDIRI

OKT PROLANISOKT 2 PROLANIS

Kegiatan bulan Oktober 2014 bertempat di Halaman Puskesmas Piyungan

Motivasi untuk mengikuti kegiatan Prolanis secara rutin setiap bulan di Klub Piyungan Sehat Mandiri dan disampaikan informasi tentang Penyakit kronis khususnya DM dan Hipertensi

PROLANIS NOP 2 PROLANIS NOP

KEGIATAN KLUB PIYUNGAN SEHAT MANDIRI di Bulan  NOPEMBER 2014 bertempat di Halaman Balai Desa Srimartani

Senam Relaksasi dan Senam Osteoporosisi  dengan instruktur Ketua Klub  Bapak Ngatimin Wachid dan Ibu Mur

 

PROLANIS DESPROLANIS DES 14

KEGIATAN KLUB PIYUNGAN SEHAT MANDIRI di Bulan DESEMBER  2014 bertempat di Pendopo Balai Desa Sitimulyo Piyungan

Senam Diabet  dengan instruktur kader kesehatan Piyungan Ibu Siti Majidah dari Monggang Siti Mulyo Piyungan dan Ibu Puji Lestari dari Plesedan Srimulyo Piyungan

SENAM PROLANIS JOLO JAN 2015 KLUB PROLANIS PIYUNGAN PROLANIS JOLO PEMERIKSAAN KESEHATANIMTLABORAT PROLANIS

KEGIATAN KLUB PROLANIS PIYUNGAN SEHAT MANDIRI bulan JANUARI 2015 bertempat di Lapangan JOLOSUTRI SRIMULYO PIYUNGAN

Selain senam THERAPI yang dipandu oleh Ketua KLUB dibantu oleh Instruktur dari Tim Senam Lansia Piyungan juga dilakukan skrining penyakit kronis dengan pemeriksaan Tensi, TB dan BB untuk mengetahui IMT, juga ada pemberian doorprice BAGI YANG BERUNTUNG berupa pemeriksaan laboratorium sederhana GDS, Asam Urat dan Kholesterol

PENILAIAN NAKES BERPRESTASI TINGKAT DIY 2014

Tanggal 26 Mei 2014, Puskesmas Piyungan kedatangan Tim Penilai Tenaga Kesehatan Berprestasi di Puskesmas Tingkat DIY Tahun 2014  . Tim Penilai dipimpin oleh Drg. Daryanto Chaedori, M.Kes

tenaga kesehatan puskesmas piyungan yang dinilai tahun 2014 adalah Drg Enik Suswati.

Tim penilai disambut oleh Bapak Sunarto, SH, MM selaku Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul

KESEHATAN JANTUNG

Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Jantung selalu berdetak selama manusia masih hidup dan akan berhenti setelah manusia meninggal dunia. Ketika jantung tidak bisa lagi berfungsi secara normal akan mengakibatkan penyakit yang sangat parah dan aktivitas tidak bisa berjalan seperti biasanya. Berikut ini artikel kesehatan jantung dan mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.
Artikel Kesehatan Jantung : Apakah Jantung Itu?
Jantung adalah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.
Artikel Kesehatan Jantung : Mengenal Penyakit Jantung

Penyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian mana pun dari jantung. Tetapi, penyakit yang paling umum adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Karena itu, sakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.
Aterosklerosis terjadi jika terjadi penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary artery disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.
Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau lebih dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Mengapa? Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak. Tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak mengalami regenerasi. Semakin lama serangannya, semakin banyak kerusakan pada jantung dan semakin besar kemungkinan meninggal.

Bahkan dalam arteri yang tidak terlalu sempit karena timbungan plak dan lemak, timbunan plak dapat pecah dan membentuk kerak darah atau trombus. Selain itu, arteri yang berpenyakit juga cenderung mengalami kontraksi otot secara mendadak. Sehingga, sekeping kerak darah dapat terbentuk di tempat kontraksi, melepaskan zat kimia yang kemudian mengakibatkan dinding arteri menyempit, memicu sebuah serangan jantung.

Jika sistem kerja dari jantung rusak, irama normal jantung dapat menjadi kacau dan jantung mulai bergetar dengan tidak menentu atau mengalami fibrilasi. Irama tidak normal ini disebut sebagai aritmia yaitu penyimpangan dari irama jantung normal. Hal ini akan menyebabkan jantung kehilangan kesanggupannya untuk memompa darah dengan efektif ke otak. Dalam waktu sepuluh menit, otak mati dan si pasien pun tidak tertolong lagi.
Selain penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan lemak di dinding arteri, ada juga penyakit jantung lainnya yang disebabkan kelainan semenjak lahir. Misalnya jantung yang tidak sempurna, kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung. Penyebab lain adalah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.
Artikel Kesehatan Jantung : Gejala Penyakit Jantung
Gejala-gejala yang dirasakan jika mengalami penyakit jantung koroner antara lain rasa sakit atau nyeri di dada di mana kebanyakan orang menyangka itu hanya sebagai gangguan pencernaan. Lalu gejala lain yaitu merasa tertekan di tengah dada selama 30 detik sampai 5 menit. Hal lainnya adalah keringat dingin, berdebar-debar, pusing, dan merasa mau pingsan. Gejala ini tidak selalu dirasakan penderitanya. Tanda peringatan lain adalah napas tersengal-sengal pada saat berolahraga.
Selama beberapa bulan sebelum serangan jantung biasanya penderita penyakit jantung sering merasa sangat lelah. Jangan menganggap gejala ini disebabkan oleh kurang tidur dan stres akibat pekerjaan.
Rasa nyeri atau rasa ditekan di dada, yang disebut angina, memberikan peringatan kepada setengah dari mereka yang menderita serangan jantung. Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.
Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.
Artikel Kesehatan Jantung : Mengatasi Penyakit Jantung
Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.
Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.
Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.
sumber : http://www.artikelbagus.com/2012/04/artikel-kesehatan-jantung.html

MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN

Madu memang bukanlah sesuatu yang baru untuk kita dengarkan karena hampir semua penduduk didunia ini tahu apa itu madu ?
Madu merupakan makanan yang sangat manis dan lengket yang dibuat oleh lebah dan tidak hanya manusia saja yang mengkonsumsi madu, akan tetapi yang membuatnya pun biasa memakannya yaitu lebah itu sendiri. Sejak zaman dahulu madu digunakan sebagai bahan makanan.

manfaat madu

Dibanyak negara, beberapa jenis madu sering dicampur untuk mengubah kandungan airnya atau untuk mengubah warnanya. Warna madu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, mulai dari yang kuning jernih sampai yang berwarna kehitam-hitaman. Para ilmuwan pun tidak tahu persis apa yang menyebabkan terjadinya perbeadaan antara warna madu yang satu dengan yang lainnya tersebut. Ada yang mengatakan penyebabnya zat warna caroteriodes yang terdapat di dalam tanaman dan ada yang mengatakan adanya asam tanic. Biasanya, warna madu mengikuti tanaman yang menjadi sumbernya.

 

Meskipun madu mempunyai kadar gula yang sangat tinggi, namun untuk masalah khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan adanya sebuah penelitian bahwa madu bisa meredakan batuk balita pada malam hari. dan tidak hanya itu saja manfaat madu juga sangat banyak. Untuk itu, silahkan anda simak beberapa manfaat madu yang bisa saya berikan untuk anda.

Manfaat madu untuk kesehatan diantaranya adalah :

  1. Madu dapat menetralisir kelembaban tubuh, baik dengan cara di konsumsi atau di oleskan.
  2. Madu dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada usus pembuluh darah dan yang lainnya.
  3. Madu bermanfaat bagi lanjut usia dan mereka yang memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderung lembab dan dingin.
  4. Madu amat bergizi, melembutkan system alami tubuh.
  5. Mengawetkan pasta atau makanan yang di rendam dengan pasta.
  6. Menghilangkan rasa obat yang tidak enak.
  7.  Membersihkan liver dan menjaga kesehatan liver
  8. Memperlancar buang air kecil
  9. Cocok untuk mengobati batuk berdahak
  10. Bila diminum dalam keadaan panas dicampur dengan air tawar bisa berguna mengusir serangga dan pengaruh opium
  11. Kalau diminum begitu saja di campur dengan air putih bisa berguna mengobati sakit akibat gigitan anjing gila (rabies) atau akibat keracunan jamur.
  12. Kalau sebongkah daging segar di masukkan kedalamnya akan bisa terawetkan selama 3 bulan.
  13. Buah labu mentimun, labu, dan terong di rendam dalam madu juga bias terawetkan dalam waktu yang sama.
  14. Bahkan buah-buahan yang di rendam dalam madu bisa bertahan hingga enam bulan.
  15. Madu juga bisa di gunakan sebagai pembalseman mayat, sehingga bisa disebut pembalseman yang aman.
  16. Bila di oleskan ke tubuh dan rambut yang berkutu bisa membunuh kutu dan Menghilangkan Ketombe.
  17. Madu juga bisa memanjangkan rambut,memperindah dan melembutkannya.
  18. Kalau di gunakan sebagai celak, akan mempertajam pandangan mata.
  19. Kalau di gunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan Gigi.
  20. Bisa menjaga kesehatan gigi dan menyehatkan gigi.
  21. Madu juga berfungsi membuka simbul-simbul pembuluh darah dan membersihkan kotorannya.
  22. Baik untuk ginjal dan kandung kemih.
  23. Madu TIDAK BERBAHAYA bagi penderita kelainan lever dan limpa, seperti zat-zat gula pada umumnya.
  24. Untuk MENGHILANGKAN bahayanya sama sekali bisa di campur dengan CUKA BUAH dan sejenisnya, bahkan bisa berubah menjadi obat yang banyak manfaatnya.

Itulah beberapa manfaat madu yang sangat berguna sekali untuk kesehatan tubuh kita. Semoga dengan artikel yang membahas mengenai manfaat madu ini kita semakin mencintai dan menyayangi akan penting dan berharganya sebuah kesehatan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Orang yang sehat memiliki seratus keinginan, Orang yang sakit hanya punya satu keinginan”.

Sumber : http://www.kiosherbal.net/manfaat-madu-untuk-kesehatan/

 

Inilah Bahaya Minum Air Berlebihan Bagi Kesehatan

Minum 8 gelas air putih atau sekitar 1 liter per hari sangat dianjurkan. Untuk mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh tetap sehat. Namun, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa terlalu banyak minum air juga tidak baik untuk kesehatan.

Air adalah obat alami untuk kesehatan. Selain dapat diminum langsung, air sering dijadikan campuran untuk membuat jus. Air banyak dijual dalam kemasan galon ataupun botol. Jika dikonsumsi sesuai anjuran tidak berbahaya. Namun sebaliknya jika terlalu banyak minum air bisa berakibat buruk untuk tubuh.

Saat haus tidak dianjurkan untuk minum berlebihan. Banyak minum air juga akan meningkatkan tekanan darah yang mengalir ke ginjal. Sistem peredaran darah juga akan rusak karena terlalu banyak menyaring air yang keluar.

Kelebihan konsumsi air atau overhydration bisa menimbulkan kematian. Cairan tubuh akan mengencer dan mengakibatkan jumlah natrium dalam tubuh menjadi berkurang, dan sel-sel dalam tubuh akan membengkak. Termasuk sel-sel otak yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, kejang bahkan dapat menjadi koma dan meninggal.

Meskipun demikian, dehidrasi juga harus dicegah. Berkeringat akan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Untuk membantu agar cairan tubuh tidak berkurang bisa minum air mineral sesuai dari yang dianjurkan.

Seperti atlet pelari maraton yang banyak mengeluarkan keringat dianjurkan untuk tidak berlebihan minum air. Sebanyak 1600 kasus yang tercatat di seluruh dunia, saat merasa dehidrasi, bisa saja mereka akan minum air secara berlebihan yang berakibat buruk untuk tubuh mereka.

The International Marathon Medical Directors Association, mendukung aksi ini, saat haus jangan minum berlebihan. Konsumsi air yang dianjurkan sekitar 0,03 liter per kg berat badan, jadi untuk orang yang bobot tubuhnya sekitar 100 kg maksimal minum air sekitar 3 liter perhari.

Meskipun demikian anjuran minum air putih sebanyak satu liter perhari atau sekitar 8 gelas harus dilakukan, untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.