Dalam rangka memperingati hari TB sedunia , Puskesmas Piyungan mengadakan sosialisasi dan pembentukan pengurus Gerakan Terpadu Daerah (Gerduda) Penanggulangan Tuberkulosis Kecamatan Piyungan. 

Gerduda Penanggulangan TB  dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit Tuberculosis di wilayah Piyungan dan sekitarnya. Gerduda melibatkan kerja sama dengan tim lintas sektor dari Kecamatan, Kelurahan, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, Pondok Pesantren, Panti asuhan dan kader untuk meningkatkan penemuan suspect dan kasus TB. 

Sosialisasi gerduda dilakukan di kawasan yang rentan berkumpulnya orang banyak bersama- sama seperti pondok pesantren atau asrama, panti asuhan, Karangtaruna, Kelurahan dan sebagainya karena salh satu cara penularan TB aktif adalah dari droplet dan udara. Minimal orang- orang dikawasan rentan tersebut mengetahui mengenai tanda dan gejala TBC serta paham etika batuk dan cuci tangan dengan sabun.

Pada tahun  2017 kasus TB dengan resistensi obat di Kecamatan Piyungan ada dua kasus yang berasal dari Desa Srimulyo dan Sitimulyo. Sementara pada 2018 ada 14 kasus TB BTA Positif sebanyak 14 kasus,  TB dari rontgen 7 kasus dan Ekstra Paru 7 kasus.

Semakin banyak pasien ditemukan, semakin cepat penanganan dan penyembuhannya karena akan semakin berkurangnya risiko penggunaan obat. TB resisten obat rata- rata menghabiskan biaya Rp.200 juta per orang. 

Masih maraknya kasus TB disinyalir karena kurang pahamnya pencegahan dan pengendalian serta etika penyakit batuk.

Upaya pencegahan yang dilakukan puskesmas dengan langsung memberikan masker di pendaftaran untuk pasien yang sedang batuk . 

Selain waspadai batuk lebih dari dua minggu dan penurunan berat badan juga biasa disertai dengan keringat berlebih pada malam hari tanpa aktivitas.

Beberapa inovasi yang dilakukan Puskesmas Piyungan yakni memiliki ruang khusus TBC serta program Pojok Pelayanan TBC (Polkadot) dan Strategi Eliminasi Tuberkolosis Puskesmas Bersama Masyarakat Piyungan (Situs Payak Piyungan).

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *