Gambaran Umum

       Puskesmas  Piyungan adalah   Unit    Pelaksana    Teknis Dinas    Kesehatan Kabupaten yang bertanggungjawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan Piyungan. Pada dasarnya   Puskesmas   berperan menyelenggarakan upaya kesehatan  untuk     meningkatkan   kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat   bagi     setiap    penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.  Dengan    demikian   Puskesmas    berfungsi sebagai  pusat   penggerak pembangunan   berwawasan   kesehatan, pusat     pemberdayaan    keluarga dan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan strata pertama.

        Pembangunan Kesehatan sangat ditentukan dengan kualitas sumber daya dan sistem kesehatan yang ada di suatu wilayah dalam tatanan desentralisasi dibidang kesehatan. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajad kesehatan masyarakat yang optimal. Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia.

       Sedangkan derajat kesehatan masyarakat ditentukan oleh faktor lingkungan, perilaku, keturunan dan pelayanan kesehatan. Puskesmas adalah penanggungjawab penyelenggaraan upaya kesehatan untuk jenjang tingkat pertama serta ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia. Dan merupakan suatu organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat.

Fungsi Puskesmas (Kepmenkes No.128 tahun 2004) adalah :

  • Sebagai Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan kesehatan

  • Sebagai Pusat Pemberdayaan keluarga dan masyarakat

  • Sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan strata I

Proses dalam melaksanakan fungsinya, dilaksanakan dengan:

  • Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri.

  • Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggali dan menggunakan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien.

  • Memberikan bantuan yang bersifat bimbingan teknis materi dan rujukan medis maupun rujukan kesehatan kepada masyarakat dengan ketentuan bantuan tersebut tidak menimbulkan ketergantungan.

  • Memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat.

  • Bekerja sama dengan sektor-sektor yang bersangkutan dalam melaksanakan program Puskesmas.

Azas Penyelenggaraan Puskesmas (Kepmenkes No.128 tahun 2004) meliputi: Azas pertanggungjawaban wilayah, azas pemberdayaan masyarakat, azas keterpaduan lintas program dan lintas sektoral serta azas rujukan yang mecakup rujukan medis dan rujukan kesehatan Masyarakat

Bentuk – bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Piyungan adalah pelayanan kesehatan menyeluruh yang meliputi :

Kuratif (pengobatan)

Preventif (upaya pencegahan)

– Promotif (peningkatan kesehatan)

– Rehabilitatif (pemulihan kesehatan)

Pelayanan tersebut ditujukan kepada semua penduduk, tidak membedaan jenis kelamin dan golongan umur, sejak pembuahan dalam kandungan sampai tutup usia.

Peran Puskesmas dalam konteks Otonomi Daerah saat ini, mempunyai peran yang penting sebagai institusi pelaksana teknis, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan

         1. KEADAAN GEOGRAFI

Kecamatan Piyungan merupakan satu dari 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Bantul yang terletak di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakara, dengan luas wilayah seluruhnya 32,554 Km2 dan merupakan 6,38% dari seluruh luas wilayah Kabupaten Bantul.

Kontur geografis meliputi dataran rendah pada bagian tengah, perbukitan pada bagian timur, dengan bentang alam relatif membujur dari timur ke barat. Tata guna lahan yaitu Pekarangan 36,16 %, Sawah 33,19 %, Tegalan 14,90 % dan Tanah Hutan 3,35 %

Disamping itu Kecamatan Piyungan tergolong wilayah yang rawan bencana alam, seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir lahar dingin, angin puting beliung.

Kabupaten Bantul beriklim Tropis yang mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan, dengan temperatur rata-rata 22 o C – 36o C.

Secara administratif Kecamatan Piyungan terdiri atas 3 Desa, yang terdiri dari 60 dusun dan 340 RT. Pusat tata pemerintahan terletak diantara Desa Srimartani dengan Desa Srimulyo, sedangkan Desa yang paling jauh dari pusat kecamatan adalah Desa Sitimulyo dengan jarak sekitar 10 Km dari Ibukota Kecamatan, wilayahnya merupakan perbukitan yang berbatasan dengan Kecamatan Banguntapan dan Kecamatan Pleret.

       2. BATAS-BATAS WILAYAH

           Batas wilayah kerja Puskesmas Piyungan adalah :

  • Sebelah Utara : Wilayah Kecamatan Berbah dan Prambanan Sleman
  • Sebelah Timur : Kecamatan Patuk Gunungkidul
  • Sebelah Selatan : Kecamatan Pleret dan Dlingo Bantul
  • Sebelah Barat : Wilayah Kecamatan Banguntapan Bantul

 

       3. JAM PELAYANAN PASIEN PUSKESMAS PIYUNGAN

           SENIN – KAMIS : 07.30 – 12.00 WIB

           JUM’AT              : 07.30 – 10.00 WIB

           SABTU              : 07.30 – 11.00 WIB