Bulan Agustus Tahun 2019, Puskesmas Pleret mengadakan Imunisasi di 23 sekolah Dasar di wilayah kecamatan Pleret. Imunisasi yang diberikan adalah imunisasi campak dan dan Td. Imunisasi Campak diberikan pada anak kelas 1 SD, sedangkan imunisasi Td diberikan pada anak kelas 5 SD
Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan dari komitmen Pemerintah untuk mencapai eliminasi penyakit campak (measles) dan pengendalian penyakit Rubella (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. 

Imunisasi campak bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit campak, Campak   merupakan   penyakit   yang   sangat   mudah menular  yang  disebabkan  oleh  virus  dan  ditularkan  melalui batuk  dan  bersin. Sedangkan Td merupakan lanjutan dari imunisasi DT bulan November tahun lalu. DT adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteritetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi Td merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut

Pelaksanaan Imunisasi dilaksanakan dengan mendatangi setiap sekolah, sesuai jadwal yang sudah dibuat. Setiap pelaksanaan  terdiri dari 3-4 petugas Puskesmas dan 1 (satu) badut yang merupakan inovasi dari Puskesmas Pleret yaitu mengadakan badut di sekolah pada saat pelaksanaan imunisasi.

Respon yang sangat baik dari pihak sekolah dan anak-anak dengan adanya badut sebagai hiburan ketika anak-anak diimunisasi.

” Dahulu, ketika bulan imunisasi , pas petugas kesehatan datang ke Sekolah, anak – anak sudah menjerit ketakutan, lari kesana kemari, sembunyi, menangis ingin minta pulang, akan tetapi setelah kita mengadakan badut ini untuk menemani imunisasi, anak-anak jadi senang, gembira dan tertawa, merasa terhibur dengan adanya badut, sehingga lupa bahwa dia akan di suntik imunisasi” kata Programer imunisasi sekaligus pencetus inovasi Sutarni Djufri.

Dari 23 Sekolah Dasar, capaian imunisasi adalah 99%. Bagi siswa/siswi yang belum diimunisasi di sekolah dengan alasan mungkin sedang sakit saat imunisasi, atau tidak hadir saat imunisasi sekolah, segera diantarkan oleh guru atau orang tua ke Puskesmas Pleret untuk dilakukan imunisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *