Minggu, 24 November 2019 Puskesmas Pleret mengadakan kegiatan Pengglangan Komitmen di desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Peserta terdiri dari karyawan Puskesmas, lintas sektoral dari 5 (lima) Desa, Kecamatan, KUA, Polsek, Koramil, kader posyandu dan kader posbindu. Tema dari kegiatan ini adalah “Bersama Kita Capai Standar Pelayanan Minimal dan Kinerja Puskesmas Menuju Pelayanan yang Berkualitas”.  “Tujuan dari penggalangan komitmen ini adalah kedepan kita bisa mencapai standar pelayanan minimal yang baru dan meningkatkan kinerja puskesmas, dimana kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, namun melibatkan lintas sektoral untuk bersama-sama menuju pelayanan yang berkualitas” ungkap Kepala Puskesmas dr. Erni Rochmawati dalam sambutanya

Berdo'a dipimpin oleh Kepala KUA
Penjelasan Rangkaian Kegiatan

Setelah sampai di Desa Wisata Pulesari peserta disambut oleh Event Organizer kemudian acara dilanjut dengan dinamika kelompok, peserta berdiri di depan pendopo membentuk lingkaran, dalam acara tersebut perwakilan dari dinas kesehatan Bantul dr Budi memberikan sambutan yang berisi ungkapan rasa kebahagiaan atas kekompakan Puskesmas Pleret, Kader kesehatan dan lintas sectoral, karena Puskesmas tidak bisa menjalankan SPM dan pelayanan yang berkualitas jika tidak didukung oleh lintas sektoral.

Sambutan dari Kecamatan Pleret
Dinamika Kelompok
Sambutan dari Dinas Kesehatan

Masih dalam kegiatan yang sama, Bapak Marji Hidayat selaku perwakilan dari kecamatan membacakan komitmen yang diikuti oleh seluruh peserta.  Isi penggalangan komitmen dukungan “kami mendukung pencapaian standar pelayanan minimal untuk menuju pelayanan puskesmas yang berkualitas, dengan ini saya akan 1. Bekerja dengan penuh inovasi, 2. Percaya diri dan mandiri, menuju masyarakat Pleret yang sehat,untuk Indonesia Maju” Setelah membacakan komitmen dukungan, peserta melakukan tanda tangan sebagai bukti dukungan terhadap Puskesmas dalam  pencapaian kinerja Puskesmas

Penandatanganan Komitmen
Penandatanganan Komitmen

Kegiatan selanjutnya peserta diajak untuk outbond dengan berbagai permainan, seperti manyusun kata, mengisi wadah dengan air dengan berbagai cara permaianan yang menuntut kerja keras, cepat, tepat dan yang terpenting adalah kekompakan dari masing-masing kelompok. Setelah permainan kelompok kemudian peserta diajak untuk menyusuri keindahan sungai, saat menyurusi sungai peserta masih diberi berbagai tantangan seperti titihan bamboo, vertical web, Gubug hujan, tangga air, susup ban, jarring-jaring laba, air terjun dan lainya sebagainya.

Setelah menyusuri sungai, peserta mandi berganti pakaian, dan ishoma di pendopo. Acara dilanjutkan dengan hiburan, ramah tamah, pembagian doorprize, pesan kesan dari peserta. Acara ditutup oleh kepala Puskesmas Pleret dr Erni Rochmawati beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan berharap kegiatan diadakan lagi tahun depan dengan peserta bisa lebih banyak lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *