Imunisasi merupakan salah satu upaya memberikan perlindungan kesehatan. Begitu pentingnya imunisasi, sehingga oleh pemerintah, imunisasi menjadi salah satu dari tiga isu kesehatan nasional tahun 2018. Untuk menggerakan peran serta masyarakat terhadap imunisasi,  Puskesmas Pleret membuat program inovasi yang diketuai oleh Pj Imunisasi Ibu Sutrani Jufri, S.ST. inovasi tersebut diberi nama “MAS DULIMUN TUKU GENSET”.

Mas Dulin Tuku Genset merupakan akronim dari masyarakat peduli imunisasi untuk generasi sehat. Terdapat tiga kegiatan/sub bagian dari inovasi tersebut yaitu :

  1. FORMALISASI merupakan akronim dari Forum Masyarakat peduli imunisasi. Kegiatan ini berupa pembinaan terhadap kader dan sosialisasi ke masyarakat tentang imunisasi
  2. PAGER SIBOTAK merupakan akronim dari Pekan Gerakan Imunisasi Boster Anak, kegiatan berupa sweping yaitu menyisir 5 desa wilayah kerja Puskesmas Pleret pada balita yang belum diimunisasi
  3. BODOT TERSENYUM merupakan akronim dari Buatlah anak dan orangtua tersenyum. Kegiatan berupa mendatangkan badut sebagai hiburan dan mencairkan suasana saat imunisasi di sekolah.