Bapak Sutamto, dari Puskesmas Pundong menyampaikan tentang dipilihnya Desa Seloharjo sebagai Desa SBABS

Bapak Sutamto, dari Puskesmas Pundong menyampaikan Desa Seloharjo akan mendeklarasikan SBABS pada Jumat (19/12) berbarengan dengan peresmian Jembatan Soko

           Di akhir November 2014 hasil uji air di wilayah Kabupaten Bantul 26 % dinyatakan sebagai air bersih dan sisanya (64%) bakteri e-coli nya sangat tinggi, hal tersebut dinyatakan oleh Bapak Janatun dari Dinas Kesehatan Bantul dari bidang Kesehatan Lingkungan pada saat verifikasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Puskesmas Pundong (16/12). ” Sanitasi urusan kita tiap hari, tapi kadang sanitasi dianggap urusan belakangan, itu salah satu yang jadi penyebab beberapa kecamatan di Bantul endemis diare” lanjutnya.
Bapak Janatun dari Dinas Kesehatan Bantul sedang memberikan pemaparan pentingnya PHBS

Bapak Janatun dari Dinas Kesehatan Bantul sedang memberikan pemaparan pentingnya PHBS

Pada kesempatan itu pula dibentuk juga Forum Kader Kesehatan Puskesmas Pundong yang bertujuan untuk menguatkan dan mendorong masyarakat desa menuju Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBAS) dalam rangka 5 Pilar yang meliputi Stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga, kata Bapak Sutamto dari Puskesmas Pundong. (Rzl)

 
IMG20141216100431
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *