Pertemuan dan Penyegaran Kader Kesehatan Pundong Sebulan Sekali

Petugas gizi melakukan koordinasi, evaluasi dan monitoring pelaksanaan program puskesmas

Petugas gizi melakukan koordinasi, evaluasi dan monitoring pelaksanaan program puskesmas

Pengertian kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Kader kesehatan merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

Mereka adalah para volunteer yang memiliki kepedulian terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Saat ini ada 5 sampai 6 kader kesehatan setiap posyandu. Disamping kuantitas yang besar diperlukan kualitas yang baik dari para kader kesehatan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kader, maka Puskesmas Pundong mengadakan pembinaan rutin kader yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu ke tiga. Pertemuan ini dilaksanakan di masing-masing desa yang dihadiri oleh kader kesehatan dari masing-masing posyandu.

Kegiatan pertemuan kader di desa Panjangrejo yang bertempat di rumah salah satu Dusun

Kegiatan pertemuan kader di desa Panjangrejo yang bertempat di rumah salah  satu kepala Dusun

Keuntungan yang didapat dari pertemuan rutin kader ini, antara lain semua programer Puskesmas dapat melakukan pembinaan secara terpadu, pengetahuan kader selalu meningkat, jika ada permasalahan kesehatan di suatu wilayah cepat diketahui, dan diambil tindakan dan Kader merasa mendapat perhatian dari Puskesmas sehingga semangat pengabdian mereka akan selalu terpompa. (rzl)

Pertemuan Kader Kesehatan Desa Srihardono

Pertemuan Kader Kesehatan Desa Srihardono bertempat di balai Dusun yang di hadiri Petugas Puskesmas dan lintas sektor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *