Terbentuknya Kader Jiwa Puskesmas Pundong

Pundong ( 6 April 2017 ), para kader yang mewakili dusunnya berbondong-bondong datang ke Aula Desa Panjangrejo untuk menghadiri pelatihan, sosialisasi dan pembentukan tim kader jiwa dari Puskesmas Pundong. Sekitar 55 kader mengikuti acara pelatihan ini dengan semangat terutama 2 desa yang belum pernah mengikuti acara sosialisasi tentang masalah jiwa yaitu Desa Srihardono dan Seloharjo.

Kader Sekecamatan Pundong yang Mengikuti Pelatihan Jiwa di Aula Desa Panjangrejo

Esti Utami, Amd.Kep petugas kesehatan Puskesmas Pundong sekaligus salah satu narasumber mengungkapkan bahwa sebelumnya sudah dibentuk Desa Siaga Masalah Jiwa yang dilakukan di Desa atau Kelurahan Panjangrejo. karena dirasa bahwa permasalahan gangguan jiwa juga terdapat di desa lain, maka petugas kesehatan Puskesmas Pundong mengadakan satu acara yang bisa mengumpulkan 3 desa sekaligus untuk diadakan sosialisasi, penyuluhan serta pembentukan kader jiwa. Pembentukan kader jiwa ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak warga yang mengalami gangguan jiwa. Pembentukan tim kader jiwa ini diharapkanĀ  mampu melakukan skrining masalah jiwa di dusun masing-masing. Dengan adanya skrining langsung dari kader tiap-tiap dusun maka akan memudahkan petugas kesehatan Puskesmas Pundong dalam melakukan intervensi terhadap warga yang mengalami gangguan jiwa.

Penjelasan tentang sehat jiwa dan gangguan jiwa dari Petugas Kesehatan Puskesmas Pundong (Esti Utami, Amd.Kep)

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Kepala Desa Panjangrejo kemudian dilanjutkan pemberian materi dan sosialisasi oleh 3 narasumber yaitu Esti Utami, Ari dan dokter spesialis jiwa dari Puskesmas Pundong yaitu dokter Ana. Sebelum memberikan materi Esti Utami memutarkan film tentang masalah kejiwaan yang sering dialami oleh orang-orang dan masalah tersebut harus diketahui oleh kader sehingga kader mampu membedakan manakah orang yang mengalami gangguan jiwa atau tidak. (WB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *