Kecamatan Pundong merupakan salah satu dari 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul dimana wilayahnya memiliki batas-batas sebagai berikut

  • Sebelah Utara : Kecamatan Jetis
  • Sebelah Timur : Kecamatan Imogiri
  • Sebelah Selatan : Kecamatan Kretek
  • Sebelah Barat : Kecamatan Bambanglipuro

Luas wilayah Kecamatan Pundong sebesar 23, 68 km2 yang meliputi daerah dataran rendah sampai dengan perbukitan dan terdiri dari tiga desa, yaitu masing-masing Desa Srihardono dengan luas wilayah 6, 87 km2, Desa Panjangrejo dengan luas wilayah 5, 71 km2 dan Desa Seloharjo dengan luas wilayah 11, 10 km2.

 

Demografi Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan
di Wilayah Kerja Puskesmas Pundong Tahun 2016

Kualitas pendidikan yang memadai diperlukan penduduk untuk meningkatkan kualitas hidup. Tingginya permintaan jasa pendidikan menuntut tersedianya penyelenggaraan pendidikan yang makin bermutu baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Tingkat pendidikan penduduk suatu negara menunjukkan kualitas penduduknya. Dalam beberapa tahun terkahir, alokasi untuk pendidikan termasuk untuk gaji guru meningkat. Jumlahnya sekitar 17% dari total pengeluaran pemerintah. Undang-undang Dasar dan UU tentang Pendidikan Nasional mensyaratkan belanja negara yang cukup besar. Peraturan tersebut menyebutkan, pada tahun 2019 paling tidak 20% dari anggaran pusat maupun daerah, harus digunakan untuk pendidikan. Anggaran itu tidak termasuk gaji para guru, yang proporsinya lebih dari separuh anggaran saat ini. Tanpa gaji guru, proporsi tahun 2007 hanyalah sekitar 9%, sehingga untuk mencapai 20% perlu kenaikan yang cukup banyak
Tingkat pendidikan penduduk di Puskesmas Pundong Kabupaten Bantul menurut ijazah tertinggi yang dimiliki dapat disajikan dalam tabel berikut :

Berdasarkan tabel diatas menggambarkan bahwa karakterisitik pendidikan penduduk di Kabupaten Bantul tahun 2016 didominasi oleh penduduk yang tamat SD-SLTP sehingga sangat mempengaruhi perilaku hidup sehat masyarakat.

Demografi Penduduk

1. Jumlah Penduduk dan Persebarannya

Dari data Kependudukan Jogja, dilaporkan bahwa jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Pundong Kabupaten Bantul pada tahun 2016 sebanyak 35.484 jiwa

2. Struktur Penduduk
Struktur penduduk di wilayah kerja Puskesmas Pundongtahun 2016menurut jumlah penduduk laki-laki dan perempuan disajikankan dalam grafik berikut :

3. Rasio Jumlah Penduduk

Gambar 4. Perbandingan Jumlah Penduduk Menurut Golongan Umur
di Puskesmas PundongTahun 2016

Dari grafik di atas menunjukkan jumlah penduduk usia produktif lebih dominan (Laki-laki = 44%, Perempuan = 42%) sehingga diwaktu yang akan datang jumlah penduduk mengalami perubahan karena tingkat kelahiran usia harapan hidup yang tinggi.
Komposisi penduduk menurut jenis kelamin sangat berpengaruh terhadap tingkat kelahiran. Jika sebagian besar penduduk suatu negara terdiri wanita usia subur (15-44 tahun) maka tingkat kelahiran akan tinggi.
Rasio ketergantungan (dependency ratio) yaitu angka perbandingan yang menunjukkan besar beban tanggungan dari kelompok usia produktif. Usia produktif (15 – 64 tahun) selain menanggung kebutuhan hidup dirinya juga menanggung kebutuhan hidup golongan usia muda (0 – 14 tahun) dan golongan tua (65 tahun ke atas) dengan perbandingan 1:2

4. Kepadatan Penduduk
Secara Administratif Kecamatan Pundong dibagi menjadi 3 desa yaitu :
1. Desa Srihardono
Desa Srihardono terdiri dari 17 dusun dengan jumlah penduduk 14.193 jiwa dan luas wilayah 6,87 km2 sehingga memiliki kepadatan penduduk 2.07 jiwa/km2.
2. Desa Panjangrejo
Desa Panjangrejo terdiri dari 16 dusun dengan jumlah penduduk 9.697 jiwa dan luas wilayah 5,71 km2 sehingga memiliki kepadatan penduduk 1.7 jiwa/km2.
3. Desa Seloharjo
Desa Seloharjo terdiri dari 16 dusun dengan jumlah penduduk 11.594 jiwa dan luas wilayah 11,1 km2 sehingga memiliki kepadatan penduduk 1.04 jiwa/km2.