GAMBARAN UMUM

A. GAMBARAN UMUM

Derajat kesehatan merupakan hasil penilaian dari kesehatan perorangan, kelompok, maupun masyarakat yang digambarkan dengan angka kematian, angka kelahiran, umur harapan hidup dan status gizi. Upaya peningkatan kesehatan bertujuan untuk memberi pelayanan kesehatan secara merata pada seluruh lapisan masyarakat, untuk mencapai tujuan tersebut telah diupayakan peningkatan, pemerataan dan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan melalui upaya kesehatan Puskesmas, praktisi swasta maupun upaya rujukan.

Puskesmas Pundong dengan wilayah kerja Kecamatan Pundong yang memiliki luas wilayah 2.368,2 Ha meliputi 3 desa, yaitu : Desa Srihardono terdiri dari 17 dusun, Desa Panjangrejo terdiri dari 16 dusun, dan Desa Seloharjo terdiri dari 16 dusun. Jumlah penduduk Kecamatan Pundong pada tahun 2013 adalah 31.881 jiwa, terdiri dari 15.598 laki-laki dan 16.283 perempuan.

Jumlah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kecamatan Pundong adalah sebagai berikut :

  1. Puskesmas Induk di dusun Piring, Srihardono, Pundong, dengan luas bangunan 276 m2  yang merupakan bantuan dari Palang Merah Jepang berdiri pada tahun 2007.
  2. Puskesmas Pembantu Srihardono di dusun Pranti, Srihardono, Pundong dengan luas bangunan 162 m2 berdiri pada tahun 1983/1984 Inpres dengan rehabilitasi  terakhir pada tahun 2007.
  3. Puskesmas Pembantu Seloharjo di dusun Soko, Seloharjo, Pundong dengan luas bangunan 94 m2  merupakan bantuan dari Australian Aid International, berdiri pada tahun 2006.
  4. Puskesmas Pembantu Panjangrejo di dusun Panjang, Panjangrejo, Pundong dengan luas bangunan 99,77 m2 merupakan bantuan dari Palang Merah Jepang berdiri tahun 2007.

Dengan demikian rasio dusun terhadap puskesmas sebesar 13, dengan kata lain puskesmas induk maupun pembantu melayani 13 dusun.

Puskesmas Pundong secara adminitratif tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul sebagai puskesmas rawat inap dengan 10 tempat tidur. Bangunan rawat inap sudah selesai dibangun pada bulan April 2006. Akan tetapi baru sejak Pebruari 2009 Puskesmas Pundong memulai pelayanan rawat inap dengan pelayanan 24 jam.

Jumlah mobil puskesling ada dua buah dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya satu buah sehingga pelayanan luar gedung seperti puskesling serta pelayanan rujukan pasien ke pelayanan yang lebih tinggi dapat berjalan dengan baik.