KESEHATAN LINGKUNGAN

Pembangunan sarana sanitasi dasar bagi masyarakat yang berkaitan langsung dengan masalah kesehatan meliputi penyediaan air bersih, jamban sehat, perumahan sehat yang biasanya ditangani secara lintas sektor, kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemantauan kualitas air minum, pemantauan sanitasi rumah sakit, pembinaan dan pemantauan sanitasi tempat-tempat umum (Hotel, Terminal), tempat pengolahan makanan, tempat pengolahan pestisida dan sebagainya.
Didalam memantau pelaksanaan program kesehatan lingkungan dapat dilihat beberapa indikator kesehatan lingkungan sebagai berikut:
1. Penggunaan Air Bersih
Air merupakan sumber kehidupan/kebutuhan pokok manusia namun dalam hal penggunaannya berbeda-beda begitu juga kualitas maupun kwantitasnya.Air merupakan media penularan penyakit yang paling cepat karena sifatnya yang fleksibel untuk tempat berkembangbiak ataupun penularan berbagai sumber penyakit, maka dari itu perlu menjaga kualitas dan kuantitas air demi terciptanya kesehatan.
Di Puskesmas Pundong, pemanfaatan sumber air minum yang terlindung sudah mencapai target 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terkait dengan penggunaan air bersih di wilayah kerja Puskesmas Pundong sudah baik.

2. Rumah Sehat
Bagi sebagian besar masyarakat, rumah merupakan tempat berkumpul bagi semua anggota keluarga dan menghabiskan sebagian besar waktunya, sehingga kondisi kesehatan perumahan dapat berperan sebagai media penularan penyakit diantara anggota keluarga atau tetangga sekitarnya.Dari data yang ada maka program sosialisasi terhadap masyarakat untuk membangun rumah sehat perlu terus dilakukan sehingga pencegahan terhadap perkembangan vektor penyakit dapat diperkecil, demikian pula penyebab penyakit lainnya di sekitar rumah.
Di Puskesmas Pundong, pencapaian indikator rumah sehat sebesar 35.01 %. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat masih kurang sehingga perlu ada sosialisasi rumah sehat ke masyarakat. Adapun aspek yang menjadi indicator rumah sehat adalah : adanya langit-langit untuk menahan debu dari atas, adanya dinding yang tegak lurus, lantai yang kuat menahan beban berat, adanya pembagian ruang yang jelas, adanya ventilasi

3. Keluarga Dengan Kepemilikan Sarana Sanitasi Dasar
Keluarga dengan kepemilikan sarana sanitasi dasar meliputi persediaan air bersih, kepemilikan jamban keluarga, tempat sampah dan pengelolaan air limbah keluarga keseluruhan hal tersebut sangat diperlukan didalam peningkatan kesehatan lingkungan.
Dari 9.257 rumah yang ada, terdapat 49 sample air yang diperiksa. Dari 49 sample air yang diperiksa, terdapat 30 sample air yang memenuhi syarat, sehingga masih ada 38.7 % atau 19 sample air yang tidak memenuhi syarat yang disebabkan bakteri. Penyelesaian masalah adalah penggunaan antibakterial. Persediaan air bersih mencapai 100%, Makanan termasuk minuman, merupakan kebutuhan pokok dan sumber utama bagi kehidupan manusia, namun makanan yang tidak dikelola dengan baik justru akan menjadi media yang sangat efektif didalam penularan penyakit saluran pencernaan (Food Borne Deseases). Terjadinya peristiwa keracunan dan penularan penyakit akut yang sering membawa kematian banyak bersumber dari makanan yang berasal dari tempat pengolahan makanan (TPM) khususnya jasa boga, rumah makan dan makanan jajanan yang pengelolaannya tidak memenuhi syarat kesehatan atau sanitasi lingkungan.Sehingga upaya pengawasan terhadap sanitasi makanan amat penting untuk menjaga kesehatan konsumen atau masyarakat.
Dari beberapa indikator kesehatan lingkungan di atas, dapat diinformasikan bahwa tingkat kesadaran akan kebersihan lingkungan di wilayah Puskesmas Pundongmasih relatif kurang baik sehingga perlu upaya promotif dan preventif melalui penyuluhan dan sosialisasi kesehatan lingkungan oleh pihak puskesmas dan lintas sektor.