Senyum Sehat Bersama Prolanis Puskesmas Sanden

Senam Bersama Sebelum Pemeriksaan

Puskesmas Sanden secara rutin mengadakan kegiatan Prolanis setiap hari Selasa minggu kedua. Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Hari Selasa, 10 Januari 2018 merupakan kegiatan Prolanis pertama di tahun 2018. Prolanis hari ini dimulai dengan senam otak yang dipandu oleh petugas Fisioterapi. Tampak para peserta antusias mengikuti senam yang diiringi dengan menyanyi bersama. Setelah senam selesai, dilakukan pemberian penyuluhan kesehatan tentang Nyeri Sendi oleh para dokter muda dari Fakultas Kedokteran UKDW dan dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh dokter.

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu mendorong peserta penyandang penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.
Salam sehat

Keseruan belajar Buku Informasi Kesehatan bersama Dokter Muda FK UKDW

Senin-Selasa (15-16 Januari 2018), para siswa kelas empat dan kelas lima SD 2 Gadingharjo antusias untuk belajar bersama tentang kesehatan. Diantaranya yaitu tentang gizi, kesehatan reproduksi, kesehatan gigi, penyakit menular dan penyakit tidak menular. Keseruan bertambah ketika pada hari kedua dilakukan praktek penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, memeriksa ketajaman mata, belajar mengukur tekanan darah, pertilongan pertama pada kecelakaan dan juga sikat gigi bersama.

Diharapkan dengan belajar bersama tentang kesehatan sejak dini, bisa memicu semangat dan menanamkan nilai untuk selalu menjaga kesehatan pada anak.
Salam sehat

Keceriaan Brain Gym Bersama Para Guru TK sewilayah Sanden

Banyak cara untuk menjaga pertumbuhan otak yang maksimal pada anak, tidak hanya dengan menjaga gizi asupan makanya saja, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan pada anak, salah satunya dengan Senam Otak (Brain Gym). Brain Gym adalah serangkaian latih-an gerak yang sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar dengan keseluruhan otak.
Pada hari Rabu, 10 Januari 2018 telah dilaksanakan pemberian informasi kesehatan tentang Brain Gym dalam pertemuan IGTK Kecamatan Sanden di TK Merten.
Diharapkan dengan pemberian informasi tersebut, para guru TK bisa mengaplikasikan kepada para siswanya agar mampu meningkatkan kecerdasan pada anak.

Keseruan Belajar Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama Para Dokter Muda

Hari ini telah dilaksanakan penyuluhan Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS), Pemilahan sampah dan pencegahan Demam Berdarah di SD Gadingharjo 2. Belajar bersama anak-anak ini dipandu oleh para dokter muda dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana dari kelas per kelas. Anak-anak terlihat senang dan begitu antusias ketika cara belajar cuci tangan dilakukan dengan cara bernyanyi bersama-sama.

Selain cuci tangan, diberikan pula materi tentang pencegahan Demam Berdarah dengan cara 3M Plus. Anak-anak juga diajari cara memilah sampah agar bisa diterapkan baik di sekolah ataupun di rumah.
Diharapkan dengan beberapa penyuluhan ini, bisaa menumbuhkan nilai positif kepada anak-anak agar hidup sehat sejak dini.

Semangat Pemerintah Desa Murtigading Mewujudkan Kawasan Bebas Asap Rokok

Sosialisasi oleh dr.Anastasia Endar selaku Kepala Puskesmas Sanden

Jumat/12-01-2018, Pemerintah Desa Murtigading telah melaksanakan sosialisasi kawasan sehat bebas asap rokok di pendopo Desa Murtigading. Materi disampaikan oleh dr. Anastasia Endar W dan dilanjutkan dengan penggalangan komitmen untuk mewujudkan Mutigading sebagai kawasan sehat bebas asap rokok. Selain itu dibagikan pula beberapa sticker untuk ditempelkan di institusi-institusi di wilayah Murtigading.
Mari wujudkan kawasan sehat tanpa asap rokok demi kesehatan.
Salam sehat

Sharing Cara Berhenti Merokok oleh Bp. Bowo dan tamu undangan lainnya

Penggalangan Komitmen

dr. Anastasia Endar W ikut menandatangani komitmen bersama mewujudkan Murtigading bebas asap rokok

Sehat Balitaku, Sehat Indonesiaku

Lomba Balita Sehat Desa Srigading.

Dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Desember 2017 di Balai Desa Srigading. Acara diselenggarakan oleh PKK Pokja IV Desa Srigading, dengan setiap dusun mengirimkan satu balita untuk perwakilan.
Indikator penilaian yaitu pengetahuan ibu, pertumbuhan dan perkembangan anak, status imunisasi serta status gizi.
Diharapkan dengan kegiatan ini menjadi salah satu pemicu semangat untuk para orangtua di Srigading untuk memberikan asuhan kepada buah hati dengan lebih baik.
Salam sehat

Semangat Masyarakat Wirosutan, Srigading, Sanden menyambut Posbindu

Posbindu PTM Wirosutan

Merupakan kegiatan monitoring dan deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.
Sasarannya yaitu masyarakat sehat, kelompok beresiko dan penyandang PTM yang berusia mulai dari 15 tahun keatas.
Dalam Posbindu ini akan dilakukan wawancara untuk menscreening PTM, penimbangan Berat Badan dan Tinggi Badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan konseling serta rujukan bila dibutuhkan.

Salam sehat

Keseruan Refreshing Kader Kesehatan sewilayah Sanden

Goyang Kewer-kewer Bersama Bp.Mestri Widodo

Kader merupakan barisan terdepan untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatan masyarakat di sekitar lingkungannya. Mengingat banyaknya tugas dari seorang kader posyandu maka tidak semua orang mau dengan sukarela untuk menerima tugas sebagai kader posyandu. Karena menjadi kader posyandu setidaknya harus mempunyai niat, kemauan yang keras dan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan.
Demikian pentingnya peran kader posyandu bagi kelancaran pelayanan kesehatan secara cepat dan akurat kepada masyarakat. Dan tidak jarang juga para kader tersebut terlalu sibuk dan merasa beban kerjanya sangat tinggi sehingga banyak yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan, misalnya harus mementingkan kepentingan keluarga. Sehingga rate atau tingkat pergantian kader posyandu menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan bimbingan dan pelatihan tentang kader kesehatan secara rutin dan intensif. Misalnya dengan mengadakian kegiatan refreshing kader.

Senam bersama


Senam Bersama

Pada tanggal 27-28 Oktober 2017, Puskesmas Sanden telah dilaksanakan kegiatan Refreshing Kader Kesehatan se-wilayah Sanden. Acara tersebut diselenggarakan di Balai Desa Murtigading yang bersebelahan dengan gedung Puskesmas Sanden. Acara ini dibuka secara resmi oleh ibu dr. Anastasia Endar W selaku Kepala Puskesmas Sanden. Kemudian acara dilanjutkan dengan senam bersama yang dipimpin oleh Bu Sri Hardini dan Bu Siti Choiriyah.
Selanjutnya acara dipandu oleh Bpk Mestri Widodo selaku narasumber yang menyampaikan materi tentang penguatan Kader. Selain penyampaian materi, ada pula games, diskusi terbuka, sharing pengalaman dan pembagian doorprize bagi kader yang beruntung.

Penyampaian Materi oleh Bpk Mestri Widodo

Sanden Sehat Bersama Raden Mas Buraga

Sambutan dan pemberian materi tentang Germas oleh Kepala Puskesmas Sanden


Puluhan masyarakat dan segenap pegawai lintas sektor di wilayah Sanden berkumpul mengikuti kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di halaman Puskesmas Sanden. Kegiatan ini bertajukkan “Raden Mas Buraga” yang merupakan kepanjangan dari Masyarakat Sanden Gemar Makan Sayur, Buah dan Berolahraga.

Sesuai dengan fokus kegiatan Germas tahun 2017 yakni : Makan Buah dan Sayur, Aktifitas fisik dan Cek kesehatan secara rutin. Kegiatan diawali dengan sambutan dan pemberian materi oleh Kepala Puskesmas Sanden mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Senam bersama sebagai bentuk aktifitas fisik

Dalam sambutannya, dr.Anastasia Endar menyampaikan tentang tujuan dan beberapa kebijakan dan kegiatan tentang Germas.
Acara dilanjutkan dengan makan buah pisang serta sayur pecel bersama.
Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat Sanden bisa mengetahui dan menerapkan kegiatan Germas untuk hidup yang lebih sehat.

Makan Buah Pisang Bersama

Tim Jamuku bersama Kader TOGA Sanden di Merapi Herbal Farma

Kader TOGA Sanden dilatih membuat jamu oleh Tim Jamuku

Beberapa kader TOGA Kecamatan Sanden mengikuti kunjungan ke Merapi Herbal Farma pada Senin, 7 Agustus 2017. Maksud kunjungan tersebut yakni untuk meningkatkan pengetahuan para kader tentang tanaman obat baik melalui penyampaian materi ataupun praktek pembuatan jamu langsung. Para kader ini dibagi kedalam lima kelompok dengan masing-masing kelompok dipandu oleh satu orang dari tim Jamuku.

Pengolahan tanaman obat secara langsung oleh kader

Pengolahan tanaman obat secara langsung oleh kader

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Puskesmas Sanden dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana.
Para kader berharap kegiatan seprti ini bisa dilaksanakan kembali agar pengetahuan dan keterampilan mengenai tanamana obat keluarga bisa meningkat. Diharapakan pula melalui kegiatan ini para kader bisa membagikan informasi yang telah diperoleh kepada keluarga dan masyarakat luas.

Tim Puskesmas Sanden bersama perwakilan FK UKDW