Posyandu Remaja Ala Dusun Tegalsari Sanden

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Posyandu remaja adalah Pos Kesehatan Remaja atau sebuah wadah yang merupakan pengembangan dari posyandu mandiri yang merupakan sutu usaha untuk mempersiapkan remaja yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa.
Tegalsari merupakan salah satu dusun di Desa Sri Gading Kecamatan Sanden yang mempunyai kegiatan Posyandu Remaja. Posyandu remaja ini merupakan perpanjangan dari program Puskesmas Sanden yaitu, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

Posyandu Remaja Tegalsari ini telah dilakukan rutin setiap sebulan sekali pada hari Minggu bertempat di rumah ketua padukuhan. Sedangkan aktivitas di Posyandu Remaja, diisi oleh para kader dari kalangan remaja yang telah dibekali sejumlah pelatihan.
Dengan kader tersebut, para remaja dapat lebih terbuka dalam menceritakan berbagai permasalahan yang dihadapi. Sehingga diharapkan secara perlahan, masalah sosial remaja di masyarakat dapat teratasi dengan baik.

Keberadaan posyandu remaja ini menjadi sarana untuk :
1. Pelaksanaan kesehatan dasar
Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan dan tekanan darah.
2. Penyuluhan
Penyuluhan tentang masalah Kespro Remaja dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti NAPZA,
seksualitas, HIV/AIDS dan lain-lain.
3. Konsultasi
Konsultasi bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Sanden

Pemeriksaan Tekanan Darah oleh Kader Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *