Celebrating Earth Day di Srigading

Celebrating Earth Day 2017 atau Peringatan Hari Bumi 2017 Kabupaten Bantul dipusatkan di Balai Desa Srigading, Sanden pada Rabu 3 Mei 2017. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono. Dalam tersebut Bupati mengukuhkan Jaringan Pengelola Sampah Mandiri (JPSM), Launching Gerakan Jum`at Bersih ASN, Sabtu Bersih Siswa, Minggu Kerja Bhakti Masyarakat, Penyerahan Bibit Tanaman.

Alasan dipilihnya Desa Srigading sebagai tempat kegiatan karena sejak tahun 2016 telah berhasil merintis wisata kuliner Pengklik dan Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) di dusun Ceme yang diberi nama Bank Sampah Alam lestari.

Dalam sambutannya Drs. H. Suharsono mengatakan bahwa bumi yang kita pijak ini semakin rapuh, beban yang dipikul semakin berat seiring pesatnya pembangunan dan pertumbuhan penduduk. Sebagian anggota masyarakat sesuka hati memperlakukan bumi tanpa memikirkan jauh kedepan, sebagai contoh kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan tersumbatkan saluran air dan banjir. Kesadaran untuk melestarikan lingkungan harus ditanamkan sedini mungkin dan harus berkesinambungan, hal ini tak lepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan dan pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masyarakat, karena upaya untuk melestarikan lingkungan hidup bukan hanya tanggungjawab perorangan tapi menjadi tanggungjawab semua yang hidup di bumi.

Setelah acara selesai, Bupati melihat pameran karya seni dan kerajinan yang terbuat dari limbah sampah. Diantaranya yakni pemanfaatan ban bekas, bekas banner, Styrofoam menjadi beberapa karya yang menarik. Sementara ibu rumah tangga berhasil membuat piring dari bahan botol minuman, bunga dan dompet dari tas kresek, hiasan bros dari kain perca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *