PAUD TERPADU Pranti Menanamkan Kebiasaan Baik Sejak Dini

Belajar Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Bersama

(13/05/2017) PAUD Terpadu Pranti merupakan satu-satunya TK terpadu yang berada di kecamatan Sanden, kabupatn Bantul. PAUD terpadu ini terbagi dalam 3 kategori yakni Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-Kanak yang terbagi dalam 5 kelas yakni TK A1, A2, A3, B1, dan B2. Sekolah ini memiliki fasilitas yang dapat memfasilitasi anak-anak berusia 0 hingga 7 tahun untuk kegiatan belajar. Pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 dilakukan kegiatan kampanye CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), buang sampah pada tempatnya dengan memisahkan sampah-sampah organik dan anorganik serta sosialisasi jajanan sehat/gizi Seimbang di PAUD Terpadu kepada anak dan wali murid. Kegiatan ini dilakukan dengan kerjasama yang sinergis antara dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana, Puskesmas Sanden dan PAUD Terpadu Pranti. Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka kampanye PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang dihadiri pula oleh ketua TP PKK Kecamatan Sanden, Kesra Desa Gadingharjo dan Ibu Lurah Desa Gadingharjo.

Indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun atau CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan, membuang sampah pada tempatnya. PAUD Terpadu Pranti sudah melaksanakan sebagian besar PHBS dengan baik, tetapi tentunya perlu ada peningkatan kualitas PHBS yang lebih baik sehingga adanya kepedulian oleh pihak tenaga kesehatan (dokter muda dan puskesmas Sanden) menindaklanjuti PHBS yang berada di sekolah tersebut.

Pemberian informasi dilakukan dengan cara pemberian leaflet, stiker dan aplikasi langsung cara CTPS tujuh langkah dengan benar. Selain itu salah satu cara jitu yang dilakukan untuk aplikasi CTPS adalah dengan menggunakan lagu yang sudah dikenal oleh anak-anak yaitu lagu pelangi-pelangi dengan syair lagu yang diganti dengan cara cuci tangan 7 langkah.

Pemberian Penyuluhan Tentang Jajanan Sehat Kepada Wali Siswa

PAUD Terpadu juga telah memberikan edukasi kepada anak-anak untuk mengkonsumsi makanan sehat dan tidak membiasakan diri untuk jajan sembarangan tetapi anak-anak tetap ada saja yang sulit untuk menerima hal tersebut sehingga tenaga kesehatan tergerak memberikan informasi kepada anak agar anak dapat mengerti lebih jelas akan dampak yang terjadi jika melakukan jajan sembarangan sehingga anak tidak lagi membiasakan diri melakukan hal tersebut.
Materi sosialisasi yang sederhana namun mengana juga diberikan kepada orang tua terkait jajanan sehat anak dan gizi seimbang.

Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari – hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Dalam sosialisasi tersebut juga diberikan leaflet untuk membantu ibu-ibu merecall materi yang telah diterima di sekolah untuk diterapkan dalam keluarga dan masyarakat. Leaflet tersebut berisi materi tentang jajanan sehat, gizi seimbang, dan contoh resep variasi dari bahan makanan sederhana seperti tempe yang dijadikan nugget. Makanan akan disukai oleh anak bila apa yang disajikan untuk mereka itu berada dalam tampilan yang bervariasi dengan peralatan makan yang menarik pula.

Pemilahan Sampah Daun, Plastik dan Kertas

Kepala Puskesmas Sanden beserta Pendidik PAUD Terpadu Pranti dan Mahasiswa FK UKDW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *