Senyum Bahagia Anak-Anak Menyambut Kehadiran Bunda PAUD Kabupaten Bantul

Bunda PAUD Kab. Bantul menyapa anak-anak PAUD Terpadu Pranti

Bunda PAUD Kabupaten Bantul Ny. Erna Suharsono beserta tim melakukan Kunjungan dan Verifikasi PAUD pada Sabtu, 20 Mei 2017 pukul 08.30 WIB di PAUD Terpadu Pranti, Gadingharjo, Sanden, Bantul. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat Sanden Drs. Fatoni, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala Puskesmas Sanden dr. Anastasia Endar, Bunda PAUD Kec. Sanden, Bunda PAUD Kelurahan Gadingsari, Murtigading, Gadingharjo dan Srigading.

Kunjungan dan Verifikasi dilaksanakan setelah Bunda PAUD Kecamatan Sanden menjadi juara 2 dalam lomba paparan Bunda PAUD se-Kabupaten Bantul. Adapun maksud dan tujuan kunjungan dan verifikasi tim lomba ini yaitu untuk melaksanakan penilaian kondisi riil PAUD Pranti, Gadingharjo, Sanden.

Dalam laporannya, Bunda PAUD Kec. Sanden menyampaikan bahwa anak usia dini di Sanden sejumlah 2.762 anak, yang telah tertampung di lembaga formal ada 2.658 anak, sedangkan yang belum tertampung di lembaga formal ada 84. Sehingga prosentase anak yang tertampung di lembaga formal mencapai 97%. Tenaga pendidik yang ada sudah mencukupi sehingga anak dapat mendapatkan pendidikan yang berkualitas, namun perlu adanya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengajar.

Antusias anak-anak menyambut kunjungan Bunda PAUD Kab. Bantul dan tim

Untuk meningkatkan kualitas PAUD di Sanden, Bunda PAUD Sanden bekerja sama dengan Universitas PGRI Yogyakarta, Psikolog, dan pemerhati PAUD. Kegiatan yang selalu dilakukan adalah mensosialisasikan pentingnya pendidikan untuk anak usia dini, baik langsung ke para kader PAUD juga melalui Radio Paworo Sanden.

Disebutkan pula bahwa di Sanden telah dibentuk Forum PAUD, yang merupakan suatu wadah untuk menyatukan visi dan misi dalam rangka pengembangan program PAUD berkualitas. Bekerjasama dengan Puskesmas Sanden, telah ada MoU (Memorandum of Understanding) terkait upaya kesehatan yang diberikan kepada anak-anak di semua PAUD yang ada di Kecamatan Sanden, seperti Deteksi Tumbuh Kembang Balita (DTKB), screening kesehatan, penyuluhan kesehatan dan lain-lain.

Bunda PAUD Kecamatan mendampingi Bunda PAUD Kab. Bantul meninjau keadaan riil

Kepala Puskesmas Sanden, dr. Anastasia Endar ikut serta mendampingi kunjungan Bunda PAUD Kab. Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *