Rabu (30/05/2018)  telah diselenggarakan kegiatan Pemicuan STBM 5 pilar di Dusun Merten Gadingharjo Sanden. Acara ini dihadiri oleh Ibu Kepala Dusun Merten, Kader Dusun serta warga masyarakat Dusun Merten. Acara ini juga dipandu oleh Ibu Sri Wuryani Amd.,Kl dari Puskesmas Sanden.

STBM 5 Pilar merupakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang terdiri stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Dari hasil pemicuan didapatkan bahwa masih ada beberapa warga yang belum mengelola limbah cair rumah tangga dengan baik. Beberapa warga tersebut membuang limbah cair di tempat terbuka seperti di sungai. Rencana tindak lanjut untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu masyarakat akan segera mengusulkan kebutuhan dana ke Pemerintah Desa melalui Bapak Kepala Dusun, mengadakan rapat rutin tiap bulan terkait perilaku bersih, sehat serta mengusahakan pembuatan tempat limbah cair secara swadaya serta mengambil dana dari jimpitan RT. Dalam acara ini, semua yg hadir bersedia untuk mendukung dan menerapkan progam STBM 5 pilar di Dusun Merten.

Ketua Tim dan Sekertaris menggambar peta wilayah

Ketua Tim memimpin acara

 

Ibu Sri Wuryani Amd.,Kl memberikan arahan

Peta wilayah dan rencana tindak lanjut

Categories: Kesehatan Lingkungan

sanden

Puskesmas Sanden beralamat di Pucang anom Murtigading Sanden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *